Tips dan Cara Mudah Membuat Kandang Kelinci dari Bambu

Sekarang ini, kelinci tidak hanya dikenal untuk dijadikan hewan kesayangan, namun juga dijadikan sebagai hewan yang bisa menghasilkan daging yang berkualitas. Sebab kandungan protein kelinci cukup besar. Nah, untuk anda yang ingin beternak kelinci, maka dibutuhkan kandang yang baik dan berkualitas. Saat membuat kandang kelinci, ukuran kandang dapat anda samakan dengan kandang yang telah Anda miliki. Yang harus anda perhatikan yaitu pastikan tiap flok hanya diisi dengan satu ekor saja. Tujuannya agar kelinci tidak saling berebut makanan, dengan demikian busa memaksimalkan pertumbuhannya. Pembuatan kandang juga bisa dikatakan susah- susah gampang untuk anda yang telah pahan dan mengerti dalam pembuatan kandang ternak pastinya terbilang mudah. Untuk bahan dalam pembuatan kandang kelinci memang dominan terbuat dari bambu dan kayu. Cara mudah membuat kandang kelinci dari bambu cukup mudah diterapkan.

Bahan serta perlengkapan yang bisa anda persiapkan diantaranya yaitu bambu, kayu, serta kawat galvanis , paku dan penutup atas berupa asbes dan genteng. Jika anda membuat kandang di dalam ruangan maka sebaiknya jangan menggunakan penutup atap. Mengenai masalah ukuran kandang kelinci pada umumnya digunakan panjang 50 lebar 60 cm dan tinggi kandangnya sekitar 40 cm. Akan tetapi, ada juga peternak yang membuat kandang 50x50x50 cm. Dans semuanya tergantung dengan jenis kelinci nya. Apabila ukuran kelinci yang anda pelihara besar, maka kandangnya di buat besar ada hal yang harus anda perhatikan untuk proses pembuatan kandang kelinci.

Cara Mudah Membuat Kandang Kelinci dari Bambu

Cara mudah membuat kandang kelinci dari bambu bisa anda terapkan di rumah anda. Selain mudah dibuat, menggunakan bahan dasar yang berupa bambu bisa menghemat pengeluaran anda. Sebab anda tinggal menyiapakan bambu selanjutnya dipotong panjang serta disesuaikan seperi ukuran yang akan dibuat kandang. Anda juga dapat membuat alas kandang kelinci peliharaan anda dengan menggunakan bahan dasar bambu ini. Selanjutnya di bawah bambu anda bisa memberikannya alas yang berupa bekas karung yang digunakan untuk mengumpulkan kotoran – kotoran kelinci yang jatuh. kandang yang menggunakan bambu ini kurang tepat jika dipakai di luar ruangan. Sebab kelinci tidak akan tahan dengan hawa yang dingin. Jika kedinginan bisa saja kelinci mati mendadak.

Cara Membuat Alas Kandang Kelinci Dari Bambu

Dan untuk proses pembuatan lantai dan juga alas kandang kelinci, maka haruslah dirapatlkan dan renggang. Apabila alas terlalu rapat, maka kotoran dan juga air kecing kelinci menjadi sulit turun ke bawah. Dan apabila anda akan membuat kandang berupa bertingkat, maka sebaik nya dibuat alas yang jaraknya rapat. Dan ketika membuat alas kandang kelinci, maka sebaik nya dibuat dengan senyaman mungkin. Jika di buat dengan bambu, maka sebaiknya kulit pada bambu itu di atas dan untuk potongan nya di posisi bawah.

Sebaiknya anda jangan mencoba membuat kandang dengan alas kandang yang menggunakan jaring kawat. Sebab, dengan begitu kan membuat kelinci merasa kesakitan. Selanjutnya apabila anda membuat kandang kelinci dengan jaring, maka sebaik nya diselingi dengan menggunakan bahan dasar bambu dan juga kawat. Cara mudah membuat kandang kelinci dari bambu yang bisa anda terapkan yaitu memilih desain yang bagus. Yang mana desain kandang tersebut, kelinci yang anda pelihara bisa bergerak bebas. Jika kelinci bisa bergerak bebas, maka hewan tersebut bisa sehat dan menjadi gemuk. Bahkan juga tidak akan mudah stres.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :