Pakan Kelinci Terbaik dan Cara Pemberian yang Tepat

Kelinci adalah hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Saat ini sudah banyak orang yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan di rumah. Banyak juga orang yang tidak hanya menjadikannya sebagai binatang hias, akan tetapi sudah membudidayakan kelinci dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, semua itu harus didukung dengan perawatan yang baik dan benar. Salah satunya anda harus tau apa saja pakan kelinci terbaik dan cara pemberiannya. Hal ini memang sangat diperlukan supaya pertumbuhan kelinci yang anda pelihara bisa normal serta hasil budidaya juga bisa menjadi lebih optimal.

Pada saat berada di habitat aslinya, kelinci biasa mengonsumsi biji-bijian, rumput-rumputan, dan daun-daunan. Di alam liar, kelinci juga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dengan makanan yang terdapat di sekitarnya. Yang penting tersedia rerumputan, biji-bijian dan umbi-umbian, maka kelinci masih bisa bertahan hidup. Lain halnya dengan kelinci ternakan dan kelinci hias rumahan yang hidupnya di kandang, tentu saja hidupnya tergantung dari perawatan orang yang memeliharanya.

Pakan Kelinci Terbaik dan Cara Pemberian

Jenis makanan yang diberikan sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan, kesehatan kelinci yang anda pelihara. Makanan yang diberikan tidak harus terus menerus diberikan rumpat dan sayuran hijau. Berikut ini pakan kelinci terbaik dan cara pemberiannya.

Advertisement

1. Hijauan

Pakan kelinci yang terbaik yang bisa anda berikan yaitu hijauan. Pakan kelinci hijauan antara lain yaitu berupa rumput lapangan, daun kacang panjang, daun lamtoro, daun duri, daun ubi, daun kembang sepatu, daun pepaya, daun kacang tanah dan masih banyak lagi. Bisa juga diberikan sisa sayuran seperti wortel, selada, kangkung, kol, sawi, caisim, maupun daun singkong untuk kelinci yang anda pelihara.

Advertisement

Cara pemberian pakan yang benar yakni pakan hijau segar bisa diberikan secukupnya setelah pakan tersebut dilayukan. Pakan ini dibuat layu tujuannya supaya kadar air dalam pakan hijau segar tersebut bisa berkurang. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka urine kelinci bisa menghasilkan bau yang menyengat. Bahkan kelinci anda bisa menjadi mencret, perut kelinci gembung, gatal-gatal dan juga scabies. Yang paling parah yaitu bisa mengakibatkan kematian pada kelinci budidaya yang disebabkan oleh keracunan.

2. Biji-Bijian

Pakan kelinci yang anda berikan bisa berupa biji-bijian seperti halnya biji jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, dan juga kacang hijau. Pakan biji-bijian ini juga merupakan dalam salah satu pakan terbaik kelinci. Sebab, untuk makanan jenis ini memiliki protein yang tinggi. Apabila harga cukup mahal, anda bisa menggantinya dengan jenis makanan alternatif. Diantaranya seperti bungkil kelapa, dedak, bekatul, bungkil tahu dan masih banyak lagi.

Cara pemberian jenis pakan kelinci ini dengan cara ditumbuk terlebih dahulu, setelah itu baru diberikan pada kelinci yang anda pelihara sebanyak 150-250 gram per ekor di dalam waktu satu hari.

3. Jerami Kering

Jerami kering juga termasuk salah satu pakan serat kasar yang bisa bermanfaat untuk mencegah gigi kelinci tumbuh lebih cepat. Pakan jenis ini bisa menjadi pilihan baik untuk kelinci yang anda pelihara di rumah. Anda bisa memberikannya setiap hari.

4. Hay

Hay adalah pakan kelinci jenis rumput yang dipotong menjelang berbunga. Selanjutnya, rumput itu diawetkan dengan cara dikeringkan secara bertahap supaya kandungan gizinya tidak rusak serta kadar serat kasarnya masih tinggi. Jenis rumput yang bisa diawetkan ini yaitu seperti rumput gajah, daun duri, rumput lapangan, pucuk tebu, batang jagung, serta daun kacang-kacangan. Anda harus tau jenis pakan kelinci terbaik dan cara pemberian yang tepat. Tujuannya supaya kelinci anda bisa sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara mengolah kacang tanah untuk pakan kelinci, cara pemberian pakan kelinci yang baik, cara pemberian pakan yg benar untuk ke, pakan kelinci paling baik, pakan unggulan untuk kelinci, pmberian pkan kelinci
Advertisement