Mengetahui Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kardus

Posted on

Cara membuat kandang kelinci dari kardus memang banyak diterapkan oleh orang yang hobby dalam memelihara kelinci di rumahnya. Kelinci adalah salah satu jenis hewan yang memiliki ciri khas yang unik dan lucu, yang mana bisa menjadikan setiap orang ingin memelihara hewan yang menggemaskan ini, selain binatang piaraan atau kucing. Sebab, kelinci merupakan hewan peliharaan yang terlihat lucu dan imut. Dengan demikian, kelinci ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dibuat. Dengan demikian, hewan ini tidak terlalu berbahaya jika bermain bersama anak kecil. Bahkan kelinci mudah diternakkan dan juga sangat mudah dirawat di rumah.

Untuk anda semua yang merasa tertarik dengan hewan kelinci, maka terlebih dahulu anda perlu memperhatikan atau juga dapat mempersiapkannya. Diantaranya seperti kandang kelinci. Sebab, kandang kelinci merupakan salah satu yang paling penting untuk anda yang ingin menyimpan kelinci di rumah. Kandang kelinci bisa dibuat dengan berbagai macam bahan. Diantaranya seperti, kawat, kayu, bambu dan lain sebagainya. Akan tetapi, untuk kandang kelinci yang hanya bersifat sementara, anda bisa membuat kandang kelinci dengan menggunakan bahan seperti kardus.

Cara Membuat Kandang Kelinci dari Kardus

Bagi anda yang ingin membuat kandang kelinci dengan menggunakan bahan kardus, sebaiknya anda tau jika untuk kandang kelinci yang terbuat dari kardus ini, sifatnya hanya digunakan untuk sementara saja. Sebab, kadang yang dibuat dengan menggunakan dari kardus ini mudah rusak. Sehingga, kandang ini hanya memiliki sifat yang sementara saja. Dan kandang ini juga dapat anda pakai pada saat anda sedang tidak memiliki waktu untuk membuat kandang kelinci yang terbuat dari kayu atau terbuat dari bambu. Anda juga dapat memakai bahan kardus ini untuk membuat kandang dengan mudah dan juga sangat praktis.

Advertisement
Advertisement
Baca juga:   Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri (Murah!!)

Kandang kelinci yang terbuat dari kardus ini tidak ada memiliki lubang untuk tempat kotoran seperti air liur kelinci. Dengan demikian, pada bagian bawah kandang akan cepat rusak. Bisa dimungkinkan, anda dapat menggunakan bahan kardus ini dalam waktu kurang lebih selama 3 sampai dengan 4 hari. Sebab jika dalam waktu yang lama, maka sudah tidak layak lagi untuk dipergunakan lagi. Jika anda dapat mencari kardus yang cukup tebal mungkin kadang kelinci yang terbuat dari kardus tersebut bisa bertahan lebih lama lagi. Cara membuat kandang kelinci dari kardus ini juga mudah.

Lantai Kandang Kelinci

Sedangkan untuk lantai kandang biasanya dari tanah, kayu, bambu, atau bahan yang menggunakan kawat. Jika lantainya terbuat dari tanah, maka lebih baiknya untuk dilapisi dengan menggunakan batu bata serta menggunakan bahan dari semen. Anda sebaiknya juga dapat memastikan untuk lantai kandang, supaya bisa selalu kering dan tidak lagi tergenang dengan air kencing. Sebab, kelinci cenderung bisa tumbuh dengan baik terhadap lingkungan yang tidak begitu lembap dan tempatnya tidak akan basah.

Baca juga:   Tempat Wisata Taman Kelinci Ciwidey di Bandung

Di bagian lantainya bisa terbuat dari kayu, usahakan juga untuk anda berikan jarak antara kayu yang kemungkinan sekitar 2 sampai dengan 3 cm. Hal ini bertujuan agar air kencing kelinci tersebut bisa langsung jatuh ke tanah. Apabila dengan lantai dari bambu, pastikan pada bagian kulit bambu luar yang dipasang ke arah atas serta berhadapan. Cara membuat kandang kelinci dari kardus untuk lantainya yang paling cocok yaitu dengan menggunakan lantai dari kawat. Sebab, sudah pasti nantinya untuk kotoran dan juga air kencing akan jatuh keluar dari kandang tersebut.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *