Mengetahui 8 Ciri Ciri Kelinci Hamil dan Perilakunya

Kelinci merupakan jenis hewan peliharaan yang dinilai sangat produktif. Bahkan bisa mengalami 5 kali siklus melahirkan dalam satu tahun. Anak yang dihasilkan biasanya juga bisa 3 ekor hingga 15cekor. Anda bisa mengamati ciri ciri kelinci hamil dari perubahan fisiknya. Masa kelinci hamil juga hanya sekitar 1 bulan dan setelah 15 hari dari waktu melahirkan bisa dikawinkan lagi. Namun, lebih baiknya kelinci dikawinkan lagi setelah induk benar-benar pulih kesehatannya dan anak sudah tidak menyusu lagi.

Ciri Ciri Kelinci Hamil

Setelah masa perkawinan, kesehatan kelinci perlu diperhatikan. Jadi, amatilah apakah perkawinannya berhasil dan kelincinya hamil atau tidak. Jadi, sebaiknya anda harus mengetahui ciri ciri kelinci hamil muda.

Baca juga:  Inilah Cara Ternak Kelinci Anggora Paling Mudah

1. Lebih Galak dan Agresif

Ciri ciri kelinci hamil muda biasanya memiliki sifat yang lebih galak dan agresif dari biasanya. Sehingga, hati-hatilah dalam menangani induk kelinci. Sebab, bisa mencakar jika dirinya merasa terganggu. Kemudian, sebagian kelinci betina yang sedang hamil muda, pada umumnya juga memperlihatkan sikap agresif serta galak pada kelinci jantan.

Advertisement

2. Lebih Sensitif dan Mudah Stres

Kelinci yang sedang hamil biasanya akan memilikin sifat yang lebih sensitif dan juga gampang stress. Terlebih lagi saat ada gangguan kecil atau ketika merasa terancam.

3. Mudah Merasa Lapar

Kelinci yang sedang hamil biasanya ditandai dengan sering merasa lapar. Jadi, sebagai pemelihara anda harus bisa menyediakan pakan yang cukup dan mengandung banyak vitamin atau nutrisi. Ini dilakukan supaya induk kelinci dan janinnya bisa memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Dengan demikian, bisa berkembang dengan baik. Tak hanya itu, apabila kelinci yang sedang hamil kekurangan makanan, maka bisa lebih galak dan agresif.

Baca juga:  11 Manfaat Daging Kelinci Bagi Kesehatan

4. Perut Tampak Lebih Besar

Ciri ciri kelinci hamil muda yaitu ditandai dengan adanya perubahan bentuk fisik terutama bagian perut yang mulai membesar meskipun belum begitu jelas. Nanti, pada saat kehamilan sudah mulai memasuki usia 3 sampai dengan 4 minggu, maka perut induk kelinci juga akan terlihat dengan semakin jelas.

Advertisement

5. Terasa Ada Benjolan

Pada saat diraba, maka akan terasa ada benjolan di bagian perut kelinci betina yang telah dikawinkan sekitar 2 minggu setelah perkawinan. Apabila perkawinan berhasil dan kelinci betina hamil, maka terasa seperti bola kecil di perutnya. Perabaan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan oleh dokter hewan atau yang telah mahir. Jika belum mahir bisa jadi melukai janin yang ada dalam kandungannya.

6. Tidak Mau Dikawinkan Lagi

Kelinci yang sedang hamil, biasanya tidak akan mau dikawinkan. Pada saat dimasukkan sekandang dengan kelinci jantan, umumnya ia akan berlari-lari menjauh. Terkadang juga menjadi galak terhadap kelinci jantan yang mencoba untuk mendekatinya.

7. Mulut Berwarna Kemerahan

Ciri ciri kelinci hamil yang selanjutnya juga ditandai dengan mulutnya yang mulai terlihat kemerahan dari biasanya. Jika usia kehamilan bertambah dan semakin mendekati masa melahirkan, maka mulut kelinci betina akan terlihat semakin merah. Lalu bagian hidung juga akan terlihat merah.

Baca juga:  Cara Membuat Kandang Kelinci Sederhana dan Mudah

8. Mengorek-ngorek Kandang

Ciri ciri kelinci hamil biasanya juga akan memperlihatkan sikap perilaku mengorek-ngorek kandang. Terlebih lagi saat sudah mulai melahirkan. Ini dilakukan untuk mempersiapkan tempat yang nyaman bagi calon anaknya. Apabila bagian bawah kandang kelinci anda terbuat dari tanah maka induk kelinci nantinya akan menggali lantainya guna mempersiapkan tempat untuk anaknya yang akan lahir. Apabila kelinci anda telah mendekati masa melahirkan kurang lebih usia kehamilan 25 hari, segera pindahkan induk kelinci ke kandang khusus untuk dijadikan tempat bersalin yang nyaman untuk kelinci itu.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    ciri fisik kelinci hamil, kelinci ciri hamil geli perut ya, mulut kelnci hamil tua

Advertisement