4 Jenis Kelinci yang Lucu untuk Dipelihara

Kelinci yang LucuKelinci adalah salah hewan yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif hewan peliharaan. Alasan kelinci menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan adalah karena kelinci lucudan sangat menggemaskan.

Sama hal nya dengan anjing dan kucing, mereka juga dapat bergerak manja dan memiliki berbagai ras yang unik dan cantik. Hal inilah yang membuat kelinci ini banyak digemari sebagai salah satu hewan peliharaan[src].

Selain karena hal tersebut, alasan yang lainnya adalah karena hewan mamalia ini juga termasuk hewan yang cukup jinak dan mudah dipelihara dengan biaya perawatan dan pakan yang tidak terlalu mahal.

Namun, memelihara kelinci juga butuh perawatan khusus yang harus diketahui oleh pemiliknya agar kelinci yang dipelihara tidak mudah sakit atau bahkan mati.

Advertisement

Kelinci yang Lucu

Ada berbagai macam jenis kelinci lucu yang dapat Anda jadikan hewan peliharaan. Adapun jenis-jenis kelinci yang banyak dijadikan hewan peliharaan adalah sebagai berikut.

1. Anggora

kelinci yang lucu jenis anggora
Gambar kelinci anggora

Tidak hanya kucing saja yang memiliki jenis anggora, kelinci juga ada yang berjenis anggora. Sama halnya dengan kucing anggora yang memiliki ciri khas bulu yang panjang seperti sebuah boneka berjalan, kelinci anggora juga memiliki karakter yang sama.

Kelinci Anggora yang Sehat

Anggora yang sehat terlihat dari hidung, mulut dan bentuk matanya yang bersinar cerah serta pada bagian selaput matanya bersih tanpa kotoran (belekan). Saran saya, jangan memilih kucing anggora yang memiliki mata berair dan seakan lengket, umumnya hal ini menandakan bahwa kelinci lucu tersebut sedang sakit.

Selain itu, bagian mulut dan hidung kelinci yang bersih dan kering merupakan tanda bahwa kelinci tersebut sehat. Jangan pula memilih kelinci indukan yang kotor dan berair karena ditakutkan kelinci tersebut sedang sakit atau kondisi lemah, dan bisa terserang berbagai jenis penyakit.

Kelinci anggora yang sehat dapat dilihat dengan bagian punggung tak berisi dan tidak terlalu kurus, ketika kita pegang atau raba maka akan terasa kenyal dan nyaman untuk dipegan, saat diraba-pun, tulang punggung kelinci lucu ini juga tidak terasa.

Bulunya lebat dan panjang serta lembut sehingga jika dilihat dari jauh seperti gumpalan bola bulu yang cantik dan menggemaskan. Ada berbagai jenis warna pilihan kelinci anggora yang dapat Anda pilih sebagai kelinci peliharaan yang cantik.

Usut punya usut, kelinci jenis anggora ini juga sering diternakkan sebagai salah satu hewan ternak penghasil wool lho! Fakta yang sangat menarik bukan?

2. Dutch

kelinci lucu dutch
Gambar kelinci dutch

Kelinci jenis ini merupakan kelinci yang berasal dari negeri kincir angin, Belanda sesuai dengan namanya. Kelinci ini memiliki karakteristik bulu yang pendek serta memiliki banyak pilihan warna yang lucu.

Kelinci lucu jenis Dutch ini merupakan jenis yang tidak terlalu besar dan memiliki telinga yang tegak. Kelinci Dutch memiliki kaki belakang yang kuat, kaki belakangnya selalu lebih panjang dibandingkan kaki depan. Ciri utama yang paling terlihat jelas adalah warna putih yang seakan menutupi warna dasarnya, jika dilihat, kelinci ini seperti memakai seragam warna putih di bulunya yang hitam.

Advertisement

Ciri kelinci lucu Dutch

  • Kelinci jenis Dutch sangat populer dikalangan pecinta kelinci. Ciri fisik dari kelinci lucu jenis dutch, antara lain:
  • Berat badan kelinci dewasa sekitar 2 – 3 kg dengan rentan hidup sekitar 5 – 8 tahun saja.
  • Masa kehamilan adalah 1 bulan
  • Rata-rata konsumsi makanan berkisar 160 gr per kilogram berat badan
  • Kotoran yang dihasilkan sekitar 5 – 6 gumpalan.

Adapun jenis warna kelinci lucu dan imut ini di antaranya adalah cokelat, putih, abu-abu, serta berbagai perpaduan dari tiga warna tersebut. Yang menarik, warna dari kelinci ini biasanya membentuk pola yang unik. Bagian punggung biasanya memiliki warna putih dengan bentuk menyerupai pelana.

Bagian kepala biasanya berwarna cokelat, abu-abu, atau hitam dengan moncong dan dahi berwarna putih. Perpaduan warna tersebut membuat nya semakin tampak menggemaskan. Kelinci ini adalah jenis kelinci kerdil sehingga banyak menjadi pilihan kelinci peliharaan karena sangat imut dan menggemaskan.

3. English Spot

kelinci lucu english spot
Gambar kelinci english spot

Jika Anda menginginkan kelinci yang lucu dengan banyak bintik unik Anda bisa memilih English Spot sebagai jenis kelinci yang Anda pelihara. Kelinci English Spot seperti namanya memiliki bintik di seluruh tubuhnya.

Jika anda berkunjung ke peternakan kelinci, kelinci jenis ini dapat dikenali dari ukurannya yang tidak terlalu kecil, namun tidak terlalu besar pula. Kelinci ini makan sangat sedikit dibandingkan kelinci dengan ukuran yang sama lainnya.

Ciri kelinci lucu English Spot

Adapun beberapa ciri yang bisa kita ketahui dari kelinci ini, antara lain:

  • Warna dasar kulitnya putih bersih dan berbintik / bertotol, warna lainnya mungkin juga bisa ditemukan seperti hitam, kelabu dan coklat. Ada juga beberapa jenis yang memiliki garis berwarna pada punggung dan disekitar bagian wajah hingga telinga.
  • Tubuhnya panjang namun ramping dan memiliki punggung yang sedikit melengkung
  • Berat dari hewan ini baik jantan ataupun betina hampir sama, yaitu sekitar 2 hingga 5 kg.

Warna dasar bulunya biasanya putih dengan bintik berwarna hitam, abu, ataupun cokelat. Pada bagian punggung, biasanya kelinci ini memiliki garis dengan warna tersebut. Bintik atau totol juga muncul di bagian wajah. Banyaknya totol justru membuat kelinci jenis ini tambah menggemaskan.

4. Himalayan

kelinci lucu himalayan
Gambar kelinci himalayan

Kelinci jenis Himalayan ini juga kerap disebut dengan kelinci Rusia atau kelinci Cina. Warna matanya merah muda dengan warna bulu putih bersih. Kelinci jenis ini sering dibudidayakan sebagai hewan peliharaan atau kelinci hias.

Ciri kelinci lucu Himalayan

Ciri-ciri umum yang terdapat pada kelinci himalayan, antara lain:

  • Memiliki hidung unik dan khas bercorak warna dengan tubuh didominasi warna putih, sementara kakinya berwarna hitam.
  • Pada bagian mata, terdapat warna merah muda ketika beranjak dewasa, ada juga bebrapa warna lain yang bisa anda temukan di jenis kelinci lucu ini.
  • Berat badan jantan ataupun betina sekitar 2 sampai 5 kg.
  • Memiliki tubuh yang ramping.

Kombinasi warna biasanya muncul pada bagian sekitar kaki, ekor, dan hidung dan sering kali tampak pada kelinci saat sudah beranjak dewasa. Kelinci ini memiliki kebiasaan aktif pada malam hari sehingga siang hari dia gunakan untuk tidur.

Nah itu tadi beberapa kelinci lucu yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan kelinci peliharaan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan jenis kelinci yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk merawat hewan peliharaan Anda dengan baik dan benar ya!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci lucu, nama kelinci dan artinya, nama untuk kelinci, nama kelinci betina dan artinya, nama kelinci lucu, nama nama kelinci, nama nama lucu kelinci peliharaan
Advertisement
Tags: