Harga Kelinci Persia dan Anggora serta Cara Merawat Kelinci yang Benar

Tak hanya jenis kucing Persia saja yang diminati oleh banyak orang. Salah satu jenis kelinci yaitu kelinci Persia menjadi salah satu jenis kelinci yang paling banyak di koleksi. Kelinci jenis Persia memiliki bulu yang sangat lebat sehingga banyak diminati oleh beberapa kalangan pecinta kelinci.

Kelinci jenis Persia ini juga masuk kedalam jenis kelinci yang dipelihara sebagai kelinci hias dan tidak dikonsumsi. Bagi Anda yang memelihara atau ingin memelihara kelinci hias seperti Persia, ternyata ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan.

Mulai dari memilih kelinci yang berkualitas, Harga kelinci Anggora Persia hingga cara merawatnya. Bagi Anda para pemula yang akan mencoba merawat kelinci, perhatikan hal-hal berikut ini.

Harga Kelinci Anggora Persia

Tak hanya jenis Persia saja yang banyak diminati. Sama halnya dengan jenis-jenis kucing, jenis Persia dan Anggora menjadi jenis kucing yang paling disukai. Kelinci jenis Anggora juga masuk kedalam jenis kelinci yang banyak diminati oleh masyarakat.

harga kelinci anggora persia
Gambar harga kelinci anggora persia yang bagus

Harga yang dipatok untuk setiap jenis kelinci juga berbeda-beda. Umumnya, kelinci lokal dijual dengan harga kisaran berbeda, seperti:

Harga kelinci lokal*
Harga TermurahHarga Termahal
Rp. 60.000Rp. 150.000

Tetapi, untuk jenis kelinci hias seperti Anggora dan Persia dapat dijual dengan harga yang cukup menguras kantong. Misalnya saja untuk hargakelinci Persiayang sudah produktif dijual dengan harga:

Harga Kelinci Persia Produktif*
Harga TermurahHarga Termahal
Rp. 500.000 / PasangRp. 600.000 / Pasang

Sedangkan untuk harga kelinci Anggora Persia Inggris dijual dengan harga lebih mahal, apalagi produktif

Harga Kelinci Persia Inggris*
Harga TermurahHarga Termahal
Rp. 500.000 / PasangRp. 600.000 / Pasang

*Harga tercantum merupakan perkiraan yang masih berkemungkinan mengalami kenaikan ataupun penurunan harga dari sang penjual.

Makanan Kelinci Anggora Persia

Memiliki kelinci hias tentu harus dijaga dengan baik-baik. Selain harganya yang cukup mahal baik anakan maupun indukannya, makanan kelinci Anggora Persia juga harus selalu diperhatikan. Lantas, makanan apa sajakah yang baik dan sehat untuk kelinci hias?

kelinci persia
Gambar kelinci persia

Sayuran Hijau

Kelinci merupakan salah satu hewan yang memakan tanaman. Untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi kelinci hias, agar kelici selalu sehat, memilih makanan sangatlah diperlukan. Pastikan Anda memberikan makanan kelinci berupa sayuran hijau yang tidak mengandung pestisida.

Selain sayuran, Anda juga bisa menambahkan porsi makanan kelinci menggunakan rumput seperti Jampang, Kalamenta, serta grinting. Jenis rerumputan serta sayuran tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu.

Pengeringan rumput maupun sayuran ini bertujuan agar menghilangkan racun yang terdapat pada getah sayuran. Selain itu, dengan proses melayukan makanan kelinci Anggora Persia, dapat memperkaya kandungan serat kasar dari rumput maupun sayuran tersebut.

Umbi-Umbian

Selain rerumputan hijau, Anda juga bisa memberikan kelinci persia hias Anda dengan makanan dari umbi-umbian seperti ubi, singkong, wortel dan juga talas. Umbi-umbian yang diberikan sebagai pakan kelinci juga bukan jenis umbi-umbian yang masih mentah. Melainkan umbi-umbian yang sudah direbus kemudian dikeringkan serta ditumbuk terlebih dahulu.

Cara Merawat Kelinci Anggora Persia

Selain memperhatikan makanan yang diberikan, saat memelihara kelinci persia, Anda juga harus memperhatikan cara merawat kelinci anggora persia agar tidak mudah mati. Salah satu hal yang harus selalu diperhatikan yaitu kelinci merupakan hewan yang aktif dan tidak bisa diam.

Sehingga Anda harus memperhatikan keselamatan kelinci mulai dari menjauhkan dari berbagai macam peralatan listrik seperti kabel dan stop kontak, kemudian menyediakan kandang yang sesuai dengan adanya pagar setinggi 5 hingga 15cm.

Hal tersebut agar dapat melatih kelincahan kelinci hias Anda. Kemudian, cara merawat kelinci Anggora Persia yang baik dan benar yaitu dengan menjauhkannya dari tanaman hidup. Karena kelinci Persia merupakan hewan pengerat yang suka sekali makan sehingga perlu dijauhkan agar tidak merusak tanaman Anda.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    https://kelincipedia com/search/nama-kelinci-anggora, beda kelinci persia, daging kelinci persia, karha kelinci lokal, kelinci jenis batu apa ada?

Tags: