Cara Merawat Kelinci Pedaging Untuk Di Ternak

Siapa yang tak suka kelinci? Hewan satu ini memang menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai karena mudah dipelihara dan memiliki wajah yang gembul menggemaskan. Selain untuk dipelihara, ada juga jenis kelinci pedaging yang khusus untuk di ternak. Daging kelinci banyak memiliki khasiat dan juga banyak disukai karena cita rasanya. Biasanya, olahan daging kelinci ini banyak ditemui di kawasan dataran tinggi yang notabene memiliki suhu udara dingin. Selain itu, budidaya kelinci pun cocok dilakukan di kawasan dengan suhu dingin seperti di kawasan pegunungan.

Kelinci Pedaging

kelinci pedaging
Gambar kelinci pedaging

Bisnis kelinci ternak juga terbilang cukup menjanjikan, melihat cara budidaya kelinci yang tidak terlalu sulit dan juga peluang bisnis di pasaran yang cukup besar. Meskipun cukup mudah, namun bukan berarti bisa dilakukan sembarangan karena perlu teknik tertentu agar sukses dalam membudidayakan kelinci yang sehat. Jika Anda berencana untuk merawat dan membudidayakan kelinci pedaging, ada beberapa tips yang penting untuk diperhatikan agar kelinci jenis ini bisa tumbuh  dengan sehat, di antaranya adalah:

  1. Ketahui karakter kelinci. Ada banyak jenis-jenis kelinci yang bisa dipelihara, seperti ada kelinci dari ras Californian, Angora, New Zealand, dan masih banyak lagi, di mana masing-masing kelinci tersebut punya karakternya sendiri-sendiri. Untuk itu sebelum memelihara kelinci sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa jenis kelinci yang akan dipelihara dan seperti apa karakternya, karena karakter kelinci sangat berpengaruh pada bagaimana teknik perawatan dan cara pengobatan jika kelinci sakit.
  2. Pilih induk yang tepat. Memilih induk yang tepat merupakan salah satu kunci penting untuk menghasilkan jenis kelinci pedaging unggul. Dalam memilih induk kelinci ini, jangan lupa konsultasikan pada penjual kelinci mengenai kondisi lingkungan tempat Anda akan memelihara kelinci, dan tanyakan kondisi seperti apa yang sesuai dengan jenis kelinci yang akan dipelihara.
  3. Ketahui jenis pakan kelinci pedaging yang cocok agar kelinci tumbuh sehat dan segar. Pilih pakan terbaik untuk menghasilkan kelinci yang gemuk dan sehat.
  4. Buat kandang kelinci yang tidak terlalu besar. Salah satu trik membuat kelinci agar cepat gemuk adalah dengan membuat kandang yang ukurannya tidak terlalu besar. Berbeda halnya dengan kandang untuk kelinci hias atau kelinci peliharaan biasa yang biasanya dibuat luas agar kelinci bebas berkeliaran, untuk kelinci jenis pedaging justru disarankan agar mendesain kandang yang kecil agar kelinci tidak banyak bergerak sehingga cepat gemuk. Dalam membuat kandang kelinci pedaging, jangan lupa buat kandang dengan sirkulasi udara yang baik dan dekat dengan sumber air.
  5. Ketahui kapan masa kawin kelinci. Biasanya, usia yang tepat untuk mengawinkan kelinci adalah pada usia 6 bulan untuk kelinci betina, dan 5 bulan untuk kelinci pejantan.
  6. Hewan kelinci mengandung dalam kurun waktu sekitar 1 bulan. Nah pada masa kehamilan kelinci ini, sebaiknya pisahkan kelinci hamil dengan kelinci yang lain.
  7. Rawat anak kelinci dengan baik. Satu induk kelinci umumnya melahirkan hingga 4 ekor kelinci. Dalam merawat anak kelinci ini, ada salah satu tips yang bisa dilakukan yakni lapisi kandang kelinci dengan jerami agar anak kelinci tetap hangat dan nyaman.

Nah itulah beberapa tips rawat kelinci untuk menghasilkan peternakan kelinci pedaging yang berkualitas dan sukses. Tips tambahan, jangan lupa untuk bersihkan kandang secara teratur untuk menghindari munculnya bibit penyakit pada kelinci pedaging.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara membuat gigi kelinci, cara bikin kelinci gemuk, mengobati telinga kelinci yang turun sebelah, nama kelinci kesayangan, apakah suhu berpengaruh pada ternak kelinci, apa yg menyebabkan telinga kelinci turun sebelah, jenis kelinci yang cepat pertumbuhannya untuk pedaging, masa kawin kelinci jantan jenis australis, pakan kelinci agar cepat gemuk, spesifikasi dan harga kelinci bligon

Tags: