Mengenal Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci Netherland Dwarf merupakan salah satu jenis kelinci populer yang berasal dari Belanda. Kelinci ini sangat khas karena memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari jenis kelinci lainnya. Berat kelinci mudanya hanya mencapai 500 gr dan 1,25 kg untuk kelinci dewasa. Netherland Dwarf cukup populer di kalangan kelinci show. Selain karena tubuhnya yang unik dengan telinga tegak ke atas kelinci ini juga sangat lincah. Netherland Dwarf merupakan hasil perkawinan kelinci Polish dengan kelinci liar yang berukuran kecil. Setelah 19 tahun penyempurnaan, terciptalah variasi warna dan corak bulu.

Kelinci Netherland Dwarf

kelinci netherland dwarfPada jenis Kelinci Netherland Dwarf, semakin pendek ukuran telinganya, akan semakin bagus kualitasnya. Panjang maksimal telinga kelinci ini hanya mencapai 6 cm. Kelinci ini belum banyak diperdagangkan secara bebas di pasaran dengan harga yang lumayan tinggi. Oleh karena itu jika Anda ingin membelinya disarankan mengunjungi rabitry atau peternakan kelinci. Kelinci Netherland Dwarfsebaiknya dibelisetelah berusia 5 bulan karena pada usia itu baru akan muncul bentuk asli khasnya aslikhasnya. Terutama pada telinga.

Jenis kelinci mini Netherland Dwarf ini cenderung liar serta sangat sulit bonding (susah dijinakan). Kedua Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf dan Dwarf hotot ini murni hasil karya manusia dari silangan berbagai jenis selama 19 tahun penyempurnaan. Kamu harus tahu kalau 1 species bukan hasil murni alam pasti ada efek sampingnya.

Karakteristik Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci mini ini terkenal dengan sifatnya yang liar dan sulut bonding (sulit dijinakkan). Salah satu faktornya karena kelinci ini yang merupakan hasil penyilangan berbagai jenis kelinci. Kelinci Netherland Dwarf juga merupakan hewan yang sangat lincah dan gesit. Akan salah jika Anda berpikiran hanya cukup menaruh kelinci ini dalam kandang, karena justru dapat membuat si kelinci bosan bahkan stress. Oleh karena itu, kelinci ini sangat tidak dianjurkan untuk dipelihara oleh anak-anak yang menginginkannya untuk dapat selalu dipeluk dan digendong. Kelinci ini hanya akan cocok dan kebanyakan dapat bertahan hidup lebih lama dan sehat jika orang dewasa yang memeliharanya. Selain itu, ukuran tubuhnya yang kecil juga dapat menjadi ancaman sendiri dari predator seperti kucing

Pemeliharaan Kelinci Mini Netherland Dwarf

Karena ukuran tubuhnya yang kecil, pemberian porsi makan kelinci ini juga cenderung lebih sedikit. Sama seperti kelinci pada umumnya, Netherland Dwarf dapat diberi sayuran seperti kangkung dan wortel dengan makanan tambahan pellet dan vitamin. Namun untuk kandang disarankan yang lebar karena kelinci ini tidak akan bertahan untuk diam dan cukup memerlukan banyak tempat untuk bergerak. Dengan latihan rutin, Netherland Dwarf dapat membiasakan diri membuang kotoran serta kencing pada tempat yang disediakan.

Harga Jual Kelinci Netherland Dwarf

Karena merupakan jenis kelinci keturunan, kelinci Netherland Dwarf dijual dengan harga yang cukup tinggi. Yakni kisaran Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- untuk usia dibawah 3 bulan, dan Rp 500.000,- untuk usia lebih dari 6 bulan. Namun tentu saja harga kelinci Dwarf ini berbeda-beda tergantung persediaan. Beberapa peternak menjual kelinci jenis ini dengan harga yang mahal karena sedikitnya jumlah kelinci yang mereka miliki. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu memilih peternak yang memiliki stok kelinci yang banyak agar memiliki banyak pilihan, dan tentu saja harga yang murah dan terjangkau. Demikian informasi tentang kelinci Netherland atau yang biasa disebut kelinci cebol.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    harga kelinci lokal 2017, nama nama kelinci, bolehkah kelinci makan nasi, nama hewan peliharaan kelinci, ciri ciri kelinci rex, nama nama untuk kelinci, harga kelinci di pasar depok solo, perbedaan kelinci anggora dengan kelinci biasa, kelinci troli, harga kelinci australia

Tags: