Kelinci Mini : Ciri-ciri, Cara Merawat dan Harganya

Kelinci mini merupakan hewan lucu yang memiliki banyak sekali jenis ras berbeda. Masing-masing ras kelinci memiliki ciri khas keunikan masing-masing yang menjadi daya tarik. Banyaknya jenis ras dari hewan yang satu ini menjadikan banyak orang kebingungan ketika harus memilih satu untuk dipelihara. Perlu Anda ketahui, salah satu jenis kelinci yang paling bayak disukai oleh berbagi kalangan masyarakat yaitu kelinci mini. Nah, pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi seputar beberapa jenis kelinci mini yang sangat populer dikalangan pecinta kelinci yang ada di Indonesia.

Kelinci Mini

Jenis-Jenis Kelici Mini Paling Populer Untuk Dipelihara

Sepertinya tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini merupakan beberapa jenis kelinci hias mini yang paling banyak di sukai oleh berbagai kalangan masyarakat untuk menjadi hewan peliharaan yaitu:

  1. Kelinci Netherland Dwarf

kelinci netherland dwarf
kelinci netherland dwarf

Kelinci Netherland Dwarf tergolong kelinci yang super mini dengan bobot rata-rata pada usia dewasanya bahkan kurang dari 1kg. Ciri khusus yang dimiliki berupa kepala yang membulat, bulu yang sangat lembut serta memiliki telinga yang tegak dengan panjang kurang lebih 5cm.  Namun kelemahan dari memelihara kelinci satu ini adalah suka menggigit, jadi akan kurang cocok ketika dipelihara oleh anak kecil. Untuk harga di pasaran dari kelinci satu ini berkisar Rp50.000,- sampai dengan  Rp200.000,- pada usia 1 sampai 3 bulan.

2.    Kelinci Britania Petite

Kelinci ini memiliki tubuh yang relatif lebih ramping dengan memiliki kaki kecil yang agak panjang. Kelinci yang satu ini tampak sangat anggun dengan telinga tegaknya yang tak terlalu panjang. Untuk variasi warna dari jenis ini juga cukup banyak yaitu hitam, otter, putih, agouti, chestnut, dan sable marten. Harga di pasaran untuk usia 2 sampai dengan 3 bulan itu biasanya dibenderol dengan harga Rp 500.000,-.

3.   Dwarf Hotot

Dwarf Hotot merupakan jenis kelinci yang memiliki ciri khas berupa lingkaran hitam di sekitar matanya. Lingkaran yang terlihat seperti memakai eyeliner inilah yang membuatnya terlihat begitu cantik. Bobot maksimal yang dimiliki untuk kelinci dewasa jenis ini yaitu hanya mencapai 2 kg saja dengan telinga yang relatif pendek dan tubuhnya yang membulat tentu saja terlihat sangat menggemaskan. Kelinci ini biasa dijual di pasaran dengan harga Rp 300.000,- untuk usia 3 bulan.

4.   Holland Lop

Kelinci yang satu ini adalah kelinci dari hasil persilangan antara English lop, French lop, serta Netherland Dwarf. Ciri-ciri utama yang dimiliki oleh kelinci jenis Holland Lop adalah bobot maksimal hanya 2kg, memiliki kaki yang pendek, memiliki kepala yang bulat, memiliki wajah datar atau bisa dibilang pesek, serta memiliki badan yang lebar dengan cuping telinga yang menggantung. Kisaran harga usia 1 sampai 3 bulan yaitu Rp 50.000,- sampai dengan Rp 300.000,-.

Itulah beberapa ras kelinci mini yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kelinci dapat bertahan hidup degan baik ketika dirawat dengan baik pula oleh sang pemilik. Secara umum pemberian pakan pada kelinci itu untuk semua jenis itu hampir sama, namun pastikan untuk memberikan pakan yang berkualitas agar kelinci bisa tumbuh dengan sehat. Pakan yang diberikan bisa berupa pelet serta berbagai sayuran yang disukai yang diberikan secara seimbang.

Untuk menjaga kesehatan maksimal pada kelinci, pastikan juga untuk memberikan perawatan kandang kelinci minimalis yang baik dengan membersihkannya secara rutin dari berbagai kotoran. Tentu saja hal ini tak berlaku untuk jenis kelinci mini saja, melainkan perawatan penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Untuk memastikan agar kelinci sehat dan tak terserang penyakit berbahaya, bisa juga dengan membawa kelinci ke dokter hewan untuk diberikan suntikan vaksin. Semoga informasi seputar gambar kelinci mini kali ini bisa memberikan banyak manfaat.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci mini, kelinci mini lop, cara merawat kelinci mini, daftar harga kelinci mini, kelinci hias mini, tentang kelinci mini, kelincu mini, englis lop harga, ciri ciri kelinci mini, cara merawat klinci mini, cara merawat kelinci mini english
Tags: