Fakta Mengapa Kelinci Makan Wortel dan Menyukainya

Berbicara tentang kelinci, wortel seringkali diidentikan dengannya. Lantas, benarkah kelinci makan wortel saja? Mengapa kelinci begitu identik dengan wortel? Coba Anda cari di google, gambar kelinci, pastinya akan ada banyak gambar kelinci makan wortel yang muncul.

Tak heran, banyak orang yang juga beranggapan bahwa wortel merupakan makanan kesukaan kelinci. Lalu benarkah demikian? Apa sih yang menjadi asal mula kelinci begitu identik dengan sayuran wortel?

Asal Mula Kelinci Identik dengan Wortel

Anda pasti tahu bukan serial kartun Bugs Bunny? Nah ternyata dia lah yang memulai menjadikan wortel sebagai ikon khas yang identik dengan kelinci. Selama 70 tahun lebih, Bugs Bunny hadir di layar kaca dan menjadikan adegan mengunyah wortel sebagai adegan khasnya.

kelinci makan wortel
Gambar kelinci makan wortel

Hal ini lah yang membuat banyak orang percaya bahwa wortel adalah makanan favorit kelinci. Saking identiknya kelinci dan wortel, membuat semakin banyak game kelinci makan wortel bermunculan yang semakin memperkuat persepsi bahwa wortel adalah makanan kesukaan kelinci.

Apakah Wortel adalah Makanan Terbaik Kelinci?

Menurut ahli, ternyata wortel tidak begitu disarankan untuk kelinci lho. Meskipun kelinci makan wortel sudah menjadi mitos yang banyak dipercaya, tetapi ternyata sayuran satu ini bukan sumber makanan yang ideal bagi kelinci.

Sumber makanan seimbang bagi kelinci di antaranya adalah jumlah rerumputan hijau dan jerami yang cukup yang juga disertai dengan sayuran-sayuran hijau.

Nah untuk wortel ini porsinya sama seperti sayuran jenis lainnya, di mana untuk menambah gizi pada pakan kelinci maka disarankan untuk memberikan pakan wortel maupun sayuran akan lainnya dengan catatan sesuai dengan porsinya yakni dua sendok makan setiap hari.

Jika melebihi porsi yang disarankan, maka hal ini akan memicu obesitas pada kelinci.

Tips Menu Pakan untuk Kelinci

gambar kelinci sedang makan wortel
Gambar kelinci sedang makan wortel

Seperti yang kita banyak melihat dari permainan kelinci makan wortel, bahwa kelinci seringkali identik dengan sayuran wortel. Namun selain itu, varian pakan kelinci nyatanya lebih bervariasi. Ada apa saja?

  • Nah ini justru yang menjadi pakan wajib sekaligus sumber makanan utama bagi kelinci. Pada rerumputan hijau terkandung banyak serat yang baik untuk pencernaan kelinci. Salah satu jenis rumput yang disarankan untuk kelinci adalah rumput timothy hay yang banyak tersedia di pet shop. Selain rumput, sumber makanan utama bagi kelinci juga bisa diganti dengan pelet khusus untuk pakan kelinci.
  • Sayuran hijau. Sayuran untuk pakan kelinci yang disarankan adalah sayuran dengan kadar kalsium rendah. Seperti daun paprika, selada, wortel, brokoli, peterseli, lobak, dan yang lainnya. Semakin rendah kandungan kalsiumnya, maka akan semakin baik untuk kelinci.
  • Buah-buahan. Buah-buahan juga penting untuk menjadi pakan kelinci, namun porsinya cukup sebagai camilan. Jenis buah yang disarankan adalah buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi, strawberry, nanas, pepaya, dan lain-lain.

Nah itulah beberapa info mengenai makanan keinci selain wortelyang disarankan untuk dikonsumsi oleh kelinci. Dengan memberikan pakan yang sesuai dengan yang disarankan, maka tentu akan membuat kelinci tumbuh lincah dan sehat.

Sekarang, sudah terbukti bahwa meskipun ada banyak gambar kelinci sedang makan wortelyang seringkali membuat orang banyak beranggapan wortel adalah makanan wajib kelinci, ternyata mitos ini tidak sepenuhnya benar.

Justru ada banyak jenis makanan lainnya yang lebih dibutuhkan selain kelinci makan wortel. Untuk itu, semoga informasi ini bermanfaat ya bagi pembaca!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci makan wortel, wortel untuk kelinci, gambar kelinci megang wortel, apakah wortel baik untuk kelinci, cara memberi makan kelinci dengan wortel, kelinci obesitas, mengapa kelinsi suka makan sayur, mampaat wartel untuk klinci, mengapa kelinci makan wortel, dosis wortel untuk kelinci, cerita singkat tentang kelinci sedang makan wortel
Tags: