Tips Merawat Kelinci Karpet / Rex agar Sehat

Kelinci karpet – Berbicara tentang jenis kelinci yang paling populer, kelinci rex adalah salah satu di antaranya. Kelinci yang juga memiliki julukan kelinci karpetini memang banyak disukai karena memiliki postur tubuh yang gembul dan punya ciri khas dari bulunya yang sangat lembut seperti beludru.

Hal ini lah yang membuat kelinci rex dijuluki sebagai kelinci bulu karpet. Kelinci jenis ini tidak hanya cocok untuk menjadi hewan peliharaan, namun juga bisa di ternak karena daging kelinci rex ini sangat lezat untuk dikonsumsi.

Tips Merawat Kelinci Rex agar Tumbuh Sehat

Jika Anda berminat untuk memelihara jenis kelinci yang satu ini, maka tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Meskipun kelinci tergolong hewan yang banyak dipelihara, namun nyatanya memelihara kelinci itu bukan hal mudah lho.

kelinci karpet
Gambar kelinci karpet

Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat kelinci rex karpet, di antaranya:

  • Berikan pakan yang berkualitas. Gizi untuk hewan peliharaan tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Hal ini agar membantu pertumbuhan hewan peliharaan supaya tetap sehat dan lincah, seperti halnya kelinci rex. Berikan pakan sayuran segar yang kaya serat yang baik untuk pencernaan kelinci. Sebagai tips tambahan, hindari memberikan pangan sayuran basah pada kelinci karena bisa memicu penyakit. Kelinci rex tergolong kelinci hiperaktif yang nafsu makannya tergolong besar, sehingga penting untuk menyediakan stok pakan sehat yang mencukupi kebutuhan makannya sehari-hari.
  • Bersihkan kandang secara rutin. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan bulu kelinci, juga menjaga kesehatannya. Tidak hanya kelinci, bagi hewan peliharaan apa pun tentu sangat penting agar selalu menjaga kebersihan kandangnya.
  • Jangan terlalu lama mendiamkan kelinci di dalam kandang. Coba ajak kelinci Anda untuk berkeliling di tempat terbuka agar kelinci bisa tumbuh dengan lincah. Berada di tempat terbuka juga menjadi salah satu kesukaan kelinci jenis karpet. Misalnya setiap sore, coba bawa kelinci rex ini ke tempat terbuka. Namun tetap berhati-hati ya, jangan sampai kehilangan kelinci Anda saat membawanya keluar ruangan. Untuk itu pastikan bahwa meskipun Anda membawa kelinci ke luar ruangan, perhatikan terus gerak-geriknya agar tidak hilang.
  • Keunggulan utama yang dimiliki kelinci rex adalah dari bulunya, maka tentu penting untuk merawat bulu kelinci rex dengan cara disikat, cukup sebulan sekali.
  • Kelinci adalah hewan yang mudah stress untuk itu perlu diperlakukan dengan lembut. Pasalnya, ketika kelinci stress maka akan berpengaruh terhadap kesehatannya.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat kelinci karpet. Pada dasarnya, tidak ada treatmentspesial dalam cara memelihara kelinci bulu karpetmaupun jenis kelinci lainnya.

Tidak hanya merawat kelinci jenis rex saja, tips tersebut di atas juga menjadi tips penting dalam merawat berbagai jenis kelinci yang lainnya. Bisa dilihat bahwa ternyata merawat kelinci itu gampang-gampang sulit ya?

Tidak perlu khawatir, selama Anda mengikuti tips cara ternak kelinci bulu karpet, maka tentu akan lebih mudah ketika merawat kelinci apa saja.

Lalu, bagaimana dengan harga kelinci bulu karpet? kelinci karpet harga kisarannya berada di harga 150 hingga 200 ribu Rupiah untuk yang masih berusia 3 bulan ke bawah.

Bagi Anda yang mencari tempat penjual kelinci jenis rex, tak perlu khawatir karena jenis kelinci yang satu ini tergolong kelinci yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran melihat banyak masyarakat pecinta kelinci yang memang mencari kelinci karpet. Nah semoga informasi ini bermanfaat ya untuk pembaca!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    makanan kelinci bulu karpet, cara merawat kelinci rex, kelinci rex carpet, https://kelincipedia com/kelinci-karpet/, Keunggulan kelinci jenis rex bulu karpet, makanan kelinci karpet, makanan kelinci rex karpet, tips merawat kelinci rex, cara merawat kelinci bulu karpet, cara merawat kelinci jenis Rex
Tags: