Kenali 5 Karakteristik Kelinci Jawa Agar Sukses Berternak Kelinci

Kelinci itu ada banyak sekali jenisnya mulai dari kelinci peliharaan dengan berbagai ras yang lucu sampai dengan kelinci untuk dikonsumsi. Biasanya untuk kelinci peliharaan itu yang memiliki tubuh mungil ataupun juga yang memiliki bulu panjang nan lembut dan sagat nyaman untuk dipeluk bukan? Lain halnya dengan kelinci konsumsi. Biasanya kelinci yag diperuntukkan untuk konsumsi yaitu kelinci dengan bobot yang besar dan bulu yang lebih tipis dan bisa dengan mudah ditemui di alam sekitar seperti salah satunya adalah kelinci jawa.

Kelinci Jawa

Kelinci yang satu ini merupakan kelinci lokal atau yang juga dijuluki dengan nama latin lepus nigricollis yang tentu saja bisa dijumpai dengan sangat mudah di alam sekitar khususnya di pulau jawa. Namun sering berjalannya waktu, kelinci yang satu ini makin mudah dijumpai karena sudah banyak pula para peternak kelinci yang satu ini untuk berbagai kebutuhan.

Karakteristik kelinci lokal atau jawa

Sebelumnya, perlu Anda ketahui jika kelinci jawa ini memiliki beberapa karakteristik yang sangat khas, sehingga untuk membedakan jenis kelinci yang satu ini sangatlah mudah.

Gambar Kelinci Jawa
Gambar Kelinci Jawa

Karakteristik Kelinci Jawa

Berikut ini merupakan beberapa ciri khas karakteristik kelinci yang bisa Anda pahami dengan mudah yaitu:

  1. Kelinci yang satu ini merupakan kelinci yang habitatnya berada di dataran tinggi yang berbatu.
  2. Untuk ukuran dewasa, berat kelinci yang satu ini bisa mencapai 6 kilogram, serta panjang tubuhnya bisa mencapai 40 cm.
  3. Untuk warna bulunya ini memiliki dominan warna abu-abu, kecokelatan, serta kekuningan.
  4. Dan lebih hebantnya lagi, kelinci yang satu ini dapat bertahan hidup lebih lama yaitu dengan jangka waktu 5 sampai dengan 10 tahun.
  5. Dalam jangka waktu satu tahun, kelinci yang satu ini dapat melahirkan sebanyak 7 kali dengan jumlah anak ketika sekali keluar yaitu bisa mencapai 6 sampai dengan 8 ekor kelinci. 

Kelinci jawa ini sangat mudah dikembang biakkan baik pada cuaca dingin maupun cuaca panas. Selain itu biaya perawatannya pun sangat mudah, hal ini yang mengakibatkan banyak orang yang ingin melakukan bisnis ternak kelinci yang satu ini. Kebutuhan kelinci jawa itu sangat fleksibel, ada yang mencarinya untuk dipelihara, dan ada pula yang mencari kelici jenis ini untuk di konsumsi.

Karakteristik Kelinci Jawa
Gambar Karakteristik Kelinci Jawa

Cara Beternak Kelinci Jawa

Berikut ini merupakan beberapa tips beternak kelinci untuk pemula yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan lahan yang optimal untuk dijadikan tempat embang biak kelinci.
  2. Pastikan memiliki jumlah kadang yang cukup sesuai dengan kebutuhan dengan ukuran minimal 50 cm x 50 cm.
  3. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang dengan baik.
  4. Pakan yang diberikan bisa berupa pelet ataupun juga aneka macam sayur kesukaan kelnci. Untuk pakan, pastikan untuk memberikannya secara tepat da seimbang agar pertumbuhannya cepat. Pemberian pakan paling tepat ini adalah diberikan mulai dari sore pikul 18.00 WIB sampai dengan pukul 07.00 WIB
  5. Tentu saja pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kelinci dengan memberi vaksin khusus.

Sepertinya itulah informasi yang bisa diberikan seputar kelinci jawa yang memang sangat mudah untuk diternakkan. Bahkan ternak kelinci lokal ini sangat kecil karena bisa dibilang kelinci jawa ini sangat tangguh dalam hal bisa selalu dalam keadaan baik, terjaga sehat serta resiko kematian yang rendah. Tentu saja jika kelinci mendapatkan perawatan yang baik dari peternaknya. Kelinci lokal ini sudah bisa diperjual belikan pada umur beberapa bulan sampai yang berusia tahunan.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    jenis kelinci jawa, kelinci jawa lokal, ciri2 kelinci lokal, nama lucu buat kelinci, klinci jawa, ciri kelinci lok, kelinci jenis ciprut, https://kelincipedia com/kelinci-jawa/, jual kelinci warna kuning, 5 karakteristik kelinci
Tags: