Kelinci Dutch : Ciri-Ciri, Karakter dan Harganya

Kelinci dutch merupakan kelinci kerdil yang berasal dari belanda karena berasal dari belanda maka biasa disebut sebagai kelinci Belanda. Sejarah mencatat bahwa kelinci jenis iniyang dulu dikenal dengan sebutan The Brabancon Petit atau yang menunjukkan bahwa kelinci ini merupakan bahwa kelinci ini kelinci lokal tertua yang ada di Belanda. Kelinci ini disebut kerdil karena bobotnya yang hanya mencapai 1-2.5 kg namun karena hal inilah kelinci ini menjadi semakin lucu dan menggemaskan.

Daftar isi

Kelinci Dutch

kelinci dutchKelinci dutch asli memiliki bulu yang pendek dan kaya akan warna. Warna yang dimiliki adalah kombinasi warna yang unik yaitu memiliki warna putih yang melingkar seperti pelana dari punggung terus ke leher sampai ke kaki depan bagian belakang dan warna di kepala hitam, abu-abu atau coklat  serta memilki  moncong dan dahi berwarna putih. Kaki belakang biasanya berwarna hitam dengan ujung kaki putih atau memiliki 3 sekaligus warna yang biasa disebut tricolored dutch. Kelinci ini memiliki mata yang cerah dan bersih tanpa ada bintik-bintik di sekitar korneanya. Warna bola  mata kelinci ini pada umumnya adalah coklat tua.

Karakter Kelinci Dutch

Karakter setiap jenis kelinci itu berbeda-beda, karakter kelinci dutch itu sendiri yaitu Kelinci ini memiliki sifat sosial yang baik dan energik dan juga memiliki intelegensi yang tinggi sehingga mudah dilatih. Kelinci betina pada jenis ini memiliki sifat keibuan fertilitasnya tinggi sehingga saat melahirkan bisa melahirkan 7-8 ekor dengan masa kehamilan 30-33 hari dan dapat bertahan hidup hingga 5-8 tahun. Masa sapih atau lepas menyusui bagi anak-anak kelinci ini yaitu sekitar 4-6 minggu.

Kelinci jenis ini juga memiliki rasa katakutan yang alami atau rasa kaget saat akan dipegang atau dimangsa. Saat akan memegang kelinci ini diusahakan dengan sentuhan yang lembut supaya kelincinya tidak kaget. Saat kelinci ini kaget maka ada kemungkinan untuk mencakar orang yang mengganggunya. Kelinci dutch juga memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru. Jadi, pada awal-awal di lingkungan yang baru kelinci ini agak sedikit tidak jinak. Sifat manja pada kelinci ini juga tinggi jadi, kelinci ini akan senang apabila dipangku dan diberi perhatian oleh majikannya. Kelinci ini merupakan kelinci favorit dikalangan pencinta binatang karena motifnya yang unik selain itu juga pemeliharaanya yang mudah, kemampuan reproduksinya yang tinggi dan memiliki karakter yang tenang serta kalem sehingga cocok untuk menjadi peliharaan keluarga.

Harga Kelinci Dutch

Harga jual kelinci dutch berdasarkan usia kelinci sama seperti kelinci yang lainnya. Semakin tua usia kelinci tersebut maka harganya akan semakin mahal sebaliknya semakin muda usia kelinci tersebut maka harganya akan semakin murah. Harga jual kelinci juga berdasarkan keahlian yang dimiliki dan prestasi yang dimiliki. Misalnya kemampuan yang dimiliki adalah kelinci tersebut dapan berguling dengan perintah manusia atau kelinci tersebut pernah mnegikuti kontes kecantikan atau kontes lainnya maka hal tersebut akan menjadi poin tambah untuk harga jual kelinci tersebut. Harga jual untuk kelinci ini yaitu sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 200.000,- ini untuk kelinci yang berusia 1-3 bulan sedangkan untuk yang berumur di atas 3 bulan makan harganya sekitar Rp 200.000,- sampai Rp 2.000.000,-.

Kelinci dutch terbilang kelinci yang sedikit mahal. Tetapi, jika kita ingin memiliki kelinci hias yang memiliki nilai jual yang tinngi maka bisa dengan membeli kelinci yang berusia muda lalu kita rawat sendiri karena di internet sekarng banyak cara-cara merawat kelinci yang baik dan benar asalkan rajin merawat dan melatih sampai kelinci besar dan memiliki keahlian maka pada saat itu nilai jual kelinci tersebut akan mahal.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci dutch, kelinci jenis dutch, sifat kelinci, kelinci ducth, penyebab anak kelinci mencret, kelinci d, kelinci dut, Jual kelinci dutch asli, perawatan kelinci lop, ciri kelinci netherland dwarf

Tags: