Manfaat dan Keunggulan Kelinci Bligon

Kelinci BligonKelinci adalah hewan yang tentu banyak disukai, tidak hanya cocok untuk menjadi hewan peliharaan, namun juga bisa jadi salah satu peluang bisnis di mana daging kelinci ini juga banyak disukai karena rasanya yang lezat dan kaya manfaat.

Salah satu jenis kelinci yang cocok untuk dibudidayakan adalah kelinci bligonatau kelinci blasteran Indo dan Australia. Mengapa kelinci jenis ini pas untuk di ternak? Hal ini karena kelinci jenis bligon memiliki postur tubuh yang besar sehingga bisa menghasilkan banyak daging.

Selain itu, kelinci jenis bligon juga termasuk kelinci dengan produktifitas yang tinggi di mana ia bisa menghasilkan banyak anak kelinci dalam sekali melahirkan.

Kelinci Bligon 

Bligon merupakan jenis kelinci yang banyak dipilih peternak untuk dibudidayakan dan diolah menjadi aneka jenis makanan olahan daging yang lezat, seperti sate, dendeng, hingga bakso dan ragam masakan lainnya.

Advertisement
kelinci bligon
Gambar kelinci bligon

Tak heran, harga kelinci bligon indukan pun banyak dicari oleh para peternak untuk membudidayakan kelinci bligon blasteran Indonesia Australia ini. Untuk harga kelinci bligon, sama halnya dengan jenis kelinci lainnya yakni berada di kisaran harga antara 100 hingga 200 ribu Rupiah.

Jenis kelinci bligonini biasanya banyak digunakan untuk usaha daging kelinci yang diolah menjadi sate, atau pun jenis olahan masakan lainnya. Lantas, apa saja sih manfaat daging kelinci? Ini dia jawabannya:

Advertisement
  • Mampu turunkan kolesterol. Daging kelinci ternyata memiliki mutu gizi yang lebih bagus dibandingkan daging hewan lainnya, di mana mengkonsumsi daging kelinci ini bahkan bisa menurunkan kolesterol.
  • Dianjurkan untuk dikonsumsi oleh lansia yang memiliki penyakit jantung maupun berbagai masalah kesehatan lainnya.
  • Cocok untuk yang sedang berdiet. Ketika sedang melakukan diet, biasanya kita tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging bukan? Nah untuk daging kelinci ini ternyata aman lho dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet. Hal ini karena daging kelinci merupakan daging yang memiliki kadar lemak rendah dan kaya akan natrium.

Dari beberapa manfaat daging kelinci seperti yang sudah disebutkan tersebut, tak heran berbisnis olahan makanan dari daging kelinci menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Biasanya daging kelinci mudah ditemui di kawasan dataran tinggi karena memang kawasan tersebut sangat cocok untuk menjadi habitat hidup kelinci.

Lantas, mengapa sih harus memilih kelinci jenis bligon ini dan apa perbedaan kelinci bligon danrex? Seperti yang sudah di singgung di awal artikel ini bahwa ciri ciri kelinci jenis bligon ini adalah bentuk tubuhnya yang besar dan panjang, dan termasuk kelinci yang memiliki produktifitas tinggi.

Berbeda halnya dengan kelinci rex yang justru termasuk kelinci yang kurang produktif karena hanya mampu melahirkan anak hingga 6 ekor saja. Hal ini lah yang menjadi keunggulan kelinci bligon sehingga cocok untuk menjadi kelinci pilihan untuk dibudidayakan.

Tips Memelihara Kelinci Bligon

  • Gunakan kandang yang sesuai karena ukuran kelinci bligon cukup besar
  • Kelinci Bligon atau kelinci australia ini jika sudah beranjak dewasa akan terlihat lebih agresif dan teritorial terhadap kelinci lain. Jika anda ingin memberikannya pasangan, berilah ia seekor teman dari kecil
  • Ketika kawin, kelinci ini akan beranak cukup banyak, kurang lebih 10 ekor dan setelah beberapa bulan kemudian akan kawin lagi, sangat tidak disarankan bagi anda yang hanya memeliharanya saja
  • Tidak pula disarankan untuk mengawinkan kelinci jenis ini dengan kelinci pure breed dikarenakan keturunannya kurang baik, dan akan merusak gen dari kelinci pure breed itu sendiri.

Nah bagi Anda yang mencari kelinci jenis bligon untuk dibudidayakan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu seperti apa tips merawat kelinci ini. Pasalnya, dalam beternak kelinci ini bisa dibilang susah-susah gampang, dan perlu treatmenttersendiri agar dapat menghasilkan kelinci sehat dengan daging yang berkualitas tinggi.

Tips utama agar menghasilkan peternakan kelinci dengan kelinci yang berkualitas adalah dalam memilih indukan kelinci. Untuk itu jangan lupa ketika membeli kelinci bligon, pilihlah indukan kelinci yang berkualitas baik agar bisa menghasilkan anak kelinci yang juga punya kualitas sama.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci bligon, Harga kelinci bligon, ciri ciri kelinci bligon, jenis kelinci bligon, kelinci jenis bligon, bobot kelinci bligon, klinci bligon
Advertisement
Tags: