Inilah Jenis Makanan Kelinci Umur 2 Bulan Paling Baik

Posted on

Kelinci adalah jenis hewan peliharaan yang juga punya banyak penggemar. Berbagai macam kalangan usia juga banyak yang memiliki peran penting dalam membudidayakan kelinci, baik pedaging dan kelinci hias. Namun, masih banyak didapati banyak orang yang kesulitan untuk merawat kelinci, terutama pada saat kelinci masih kecil. Perawatan kelinci yang masih anak-anak memang dinilai lebih sulit apabila dibandingkan dengan merawat kelinci yang dewasa. Kelinci juga merupakan jenis hewan yang mempunyai tingkat produktifitas yang paling tinggi. Dapat di katakan juga apabila induk kelinci tersebut dapat menghasilkan anakan pada kurun waktu satu bulan sekali. Perawatannya harus diperhatikan, terlebih lagi pemilihan makanan kelinci umur 2 bulan.

Untuk proses perawatan bayi kelinci lebih sulit dari pada merawat kelinci dewasa. Karena kelinci yang masih bayi kelinci lebih sensitif serta akan gampang mengalami kematian. Jika pemelihara tidak mengerti tentang tata cara perawatan secara benar, maka bisa saja, apabila kelinci cepat atau lambatmenjadi mati. Perlu anda ketahui, jika anak bayi yang masih memiliki umur 50 hari ke bawah, dinilai masih sangat rentan dan begitu mudah untuk terserang sebuah penyakit. Sehingga, kita sebagai pemelihara menjaga dan memberikan pakan, vitamin dan air minum yang dalam kondisi bersih,segar serta higienis bagi kesehatan anakan kelinci itu.

Makanan Kelinci Umur 2 Bulan

Ketika berumur 2 bulan, kelinci akan lepas sapih atau tidak menyusu kepada induknya. Sehingga pada saat kita hendak memisahkan anakn kelinci dengan induknya, kita harus benar-benar perhatikan masalah makanan kelinci umur 2 bulan ini. Sebaiknya, kita memilih makanan yang lunak, sebab gigi anakan kelinci masih belum begitu kuat guna menggigit makanan yang memiliki tekstur yang keras.

Advertisement

1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan kelinci umur 2 bulan yang baik untuk diberikan. Untuk jenis sayuran yang paling digemari kelinci yaitu berupa kangkung, kol, sawi putih, sawi hijau. Sayurantersebut mudah sekali untuk kita peroleh, sebab, banyak dijula di pasar atau di tukang sayuran. Pemberian makanan yang berasal dari dari jenis sayur ini lebih baik sayurannya dibiarkan layu terlebih dahulu.

Baca juga:   Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan(AMPUH!)
Advertisement

Atau, anda dapat juga menjemurnya sebentar, selanjutnya baru kemudian bisa diberikan pada kelinci umur 2 bulan itu . Sayuran dibiarkan layu terlebih dahulu karena alasannya adalah jika sayuran masih basah atau banyak mengandung air, kelinci peliharaan anda gampang terkena diare. Agar tidak mudah terkena penyakit pencernaan kelinci lebih baik diberikan sayuran yang telah layu.

2. Voer Ayam, Dedak, dan Ampas Tahu

Voer ayam juga biak untuk anda berikan pada kelinci usia dua bulan. Pemberian voer ayam bisa menjadikan pertumbuhan kelinci menjadi cepat. Terdapat alternatif selain voer ayam, diantaranya anda bisa memberikan dedak dan ampas tahu. Dari 2 jenis makanan kelinci itu, semuanya memiliki harga yang relatif murah. Anda bisa memberikan jenis makanan ini di setiap pagi.

Baca juga:   20 Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar

3. Jenis Umbi

Makanan kelinci umur 2 bulan selanjutnya adalah jenis umbi. Terdapat beberapa jenis makanan kelinci. diantaranya seperti umbi berupa wortel, umbi akar, umbi batang, serta kentang. Apabila diberikan wortel, sebab kelincinya masih kecil, lebih baik wortel terlebih dulu dipotong-potong kecil. Rasanya manis dan bisa mengenyangkan untuk kelinci anda.

4. Sisa Buah

Makanan kelinci umur 2 bulan bisa berupa buah-buahan. Anda bisa memberikan buah-buahan seperti pisang, jambu, semangka, serta buah apel. Contohnya lagi, apabila kita makan pisang maupun makan semangka, tentu akan meninggalkan seperti kulit pisang dan sisa semangka. Nah, itu jangan dibuang. Anda bisa memberikan kepada kelinci anda, pasti akan sangat menyukai makanan ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *