Inilah Jenis Makanan Favorit Kelinci Yang Menyehatkan

Dalam memelihara kelinci, tentu saja pemelihara harus memperhatikan mengenai jenis makanannya. Berbagai jenis makanan yang diberikan pada kelinci akan menjadi faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam beternak kelinci. Entah itu, untuk makanan kelinci yang berupa limbah sayuran maupun makanan pelet yang dibuat oleh pabrik. Aneka pakan kelinci tersebut pastinya kualitas berbeda dengan kandungan nutrisi yangjuga berbeda. Dengan demikian, dalam memelihara kelinci, anda harus busa memberikan makanan favorit kelinci yang pastinya juga menyehatkan.

Makanan Favorit Kelinci

Seperti kebanyakan dari hewan memamah biakyang lainnya, kelinci juga sangat suka dengan jenis makanan hijau. Diantaranya seperti rumput dan juga sayuran. Akan tetapi, anda harus tahu jika ada beberapa jenis rumput dan sayuran yang tidak cocok untuk sistem pencernaan kelinci. Dengan demikian menyebabkan penyakit diare. Maka dari itu, ketahuilah makanan favorit kelinci dan juga manfaat yang didapatkan.

Sayur-sayuran

Beberapa jenis sayuran bisa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari kelinci yang anda pelihara. Sebab, selain ada nutrisi, di dalam sayuran juga terdapat kandungan air yang bisa untuk melancarkan proses pencernaan. Jadi, dalam memberikannya anda bisa beri sedikit-sedikit terlebih dahulu. Apabila kotoran kelinci tidak lunak, bisa diartikan jika sayuran tersebut aman jika diberikan. Setelah itu, kita tinggal menambah porsinya sedikit demi sedikit. Terdapat beberapa jenis sayuran yang telah biasa diberikan sebagai pakan kelinci yang memiliki kadar kalsium rendah. Jika kalsiumnya rendah, maka akan lebih baik manfaatnya bagi kelinci peliharaan anda.

Buah-buahan

Makanan favorit kelinci selanjutnya yaitu berupa buah-buahan. Akan tetapi, buah-buahan tidak dijadikan sebagai jenis makanan kelinci yang utama.Buah-buahan ini hanya bisa untuk makanan tambahan saja. Perlu anda tahu, jika tidak semua jenis buah-buahan bisa anda berikan untuk kelinci. Sebab, ada buah yang jika diberikan justru bisa mengakibatkan sakit. Jenis buah yang tidak cocok untuk pakan kelinci pada umumnya disebabkan oleh buah itu memiliki kadar gula yang terlalu tinggi. Dengan demikian keseimbangan mikro-organisme di caecum bisa menjadi terganggu.

Buah yang baik jika diberikan untuk kelinci peliharaan anda diantaranya yaitu jenis buah yang mengandung serat tinggi. Akan tetapi, sebelum anda memberikan buah-buahan itu, sebaiknya buah dipotong kecil-kecil dulu. Jika buah buahan dipotong-potong kecil, maka kelinci akan lebih mudah memakannya dan juga lebih mudah didalam mencernanya.  Buah pisang, strawberry, anggur, berry, apel, bisa anda berikan untuk dijadikan makanan tambahan kelinci peliharaan anda.

Rumput

Diantara banyaknya makanan pokok untuk kelinci, rumput merupakan salah satu jenis makanan favorit kelinci. Sebab, pada makanan rumput ini terkandung serat yang efektif didalam mencegah penyumbatan yang ada dalam saluran pencernaan kelinci. Rumput juga sangatlah baik untuk pertumbuhan gigi yang nantinya akan digunakan untuk mengunyah makanan. Rumput yang bisa kita jumpai memang jenisnya cukup banyak. Dari semua jenis rumput yang ada, terdapat beberapa jenis yang baik untuk pakan kelinci.

Salah satu jenis rumput yang baik jika anda berikan untuk pakan kelinci yaitu jenis Timothy Hay. Untuk rumput ini bisa mudah kita dapatkan dalam kondisi kering di petshop terdekat. Untuk rumput yang ada di sekitar rumah kita bisa juga kita berikan pada kelinci anda. Namun, kita harus bisa memastikan jika rumput tersebut tidak tercampur dengan pestisida atau zat berbahaya lainnya. Jenis makanan favorit kelinci memang banyak, akan tetapi kita juga harus memperhatikan jenis makanan yang baik untuk kesehatan kelinci.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    jenis rumput buat makanan kelinci