Inilah Cara Ternak Kelinci Anggora Paling Mudah

Saat ini, banyak orang yang belajar cara ternak kelinci anggora untuk mencoba membudidayakannya. Kelinci Anggora adalah salah satu jenis kelinci hias yang sangat banyak diminati. Sebab, kelinci anggora memiliki bulu yang cukup tebal lembut. Yang mana pada bagian kaki depan serta bagian ujung telinga hanya ditumbuhi dengan bulu-bulu yang halus. Kelinci anggora juga punya banyak sekali variasi warna bulu. Diantaranya sepertiwarna coklat, putih, hitam, abu-abu dan lain sebagainya.

Kelinci ini juga memiliki beberapa jenis. Diantaranya seperti Satin anggora, German anggora, Chinese anggora, French anggora, dan masih banyak lagi. Kelinci anggora juga termasuk varietas kelinci yang punya bulu tebal dan lebat. Pada umumnya kelinci ini diternakkan untuk diambil bulu atau woolnya. Bulu kelinci anggora ini banyak dimanfaatkan sebab teksturnya yang lembut dan halus. Cara ternak kelinci anggora caranya juga cukup mudah dilakukan.

Cara Ternak Kelinci Anggora

Bisnis bahan baku seperti wool yang terbuat dari bulu kelinci anggora ini berkembang pesat pada negara-negara yang beriklim. Diantaranya seperti Amreika dan juga di Eropa. Bulu kelinci anggora akan dipanaen di setiap 4 sampai dengan 5 bulan sekali. Caranya yaitu dengan cara dicabut dan dicukur bulunya. Metode pemanenan bulu kelinci anggora yang seperti ini, memang menjadi kontroversi oleh para pecinta binatang. Sebab, cara tersebut dianggap menyakiti hewan.Sebab, di Indonesia ini kelinci anggora banyak dipelihara menjadi hewan kesayangan.

Advertisement

a. Pemilihan Bibit Indukan Kelinci Anggora

Cara ternak kelinci anggora perlulah memilih calon indukan. Entah itu untuk yang jantan ayau untuk yang betina yang memiliki kualitas terbaik atau unggul. Calon indukan itu bisa anda peroleh dengan membelinya di peternak kelinci anggora. Anda bisa memilih calon indukan kelinci anggora yang punya produktivitas tinggi dan pastinya juga sehat.

Advertisement

Untuk kelinci yang sehat pastinya memiliki tanda-tanda yang jelas. Diantaranya yaitu kelinci punya mata yang terlihat bersinar dan selaput matanya bersih tidak ada kotoran Sebaiknya anda jangan pilih kelinci yang matanya lengket, berair. Sebab, itu tandanya kelinci indukan yang tidak sehat.

b. Persiapan Kandang Ternak Kelinci Anggora

Cara ternak kelinci anggora yang selanjutnya adalah mempersiapkan kandang. Kandang merupakan salah satu hal yang paling penting yang sebaiknya disiapkan sebelum melakukan ternak kelinci anggora ini. Sedangkan, untuk urusan ukuran, anda sebaiknya bisa menyesuaikan dengan keinginan anda. Sesuaikan juga dengan jumlah kelinci yang akan anda ternak nanti. Akan tetapi, sebaiknya kandang untuk ternak kelinci anggora ini juga mempunyai ukuran yang luas atau lapang. Tujuannya supaya kelinci anggora lebih leluasa dalam bergerak. Sebaiknya juga mempunyai sirkulasi udara yang baik serta bisa terlindung dari matahari dan juga hujan. Letaknya anda bisa menaruh pada tempat yang jauh dari keramaian.

c. Perawatan Kandang Ternak

Anda juga bisa melakukan perawatan terhadap kandang, perhatikan kebersihan kandang. Bersihkan kandang kelinci setiap hari, tujuannya supaya kebersihan tetap terjaga dan juga kelinci anggora yang diternakan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit dan bulu kelinci anggora tersebut supaya bisa terjaga kualitasnya.

d. Pemberian Pakan

Cara ternak kelinci anggora selanjutnya yang paling penting adalah masalah pemberian pakan. Dianjurkan, anda bisa memberikan pakan yang berupa sayuran. Akan tetapi tidak bergetah . Diantaranya seperti halnya kangkung, wortel, rumput lapang atau yang lainnya. Namun, sebaiknya anda jangan memberikan pakan yang terlalu banyak mengandung air, diantaranya seperti sawi putih. Makanan yang diberikan sebaiknya sudah ada pada keadaan layu. Tak hanya diberikan sayuran, kelinci anggora juga bisa anda berikan makanan berupa ubi jalar, pelet, maupun pakan lainnya. Yang penting makanan itu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci anggora.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci jantan 1 beti 2 satu kandang apa bisah
Advertisement