Inilah Cara Membuat Rumput Hay Untuk Pakan Kelinci

Posted on

Di dalam memelihara kelinci, pastinya anda harus memperhatikan perawatan kelinci agar tetap bisa sehat. Diantaranya seperti pemilihan jenis kandang, kebersihan, dan juga pola makanan atau jenis makanan yang diberikan. Salah satu makanan yang bisa anda berikan untuk kelinci peliharaan anda adalah rumput hay. Rumput hay bisa anda beli di toko yang khusus menjual pakan ternak. Akan tetapi, jika anda ingin membuatnya sendiri juga bisa. Sebab, cara membuat rumput hay untuk pakan kelinci ini cukup mudah dilakukan.

Cara Membuat Rumput Hay Untuk Pakan Kelinci

Pakan hay ini merupakan hijauan makanan ternak yang memang sengaja dipotong potong dan selanjutnya dikeringkan. Pengeringan dilakukan dengan bantuan sinar matahari atau dengan menggunakan panas buatan. Dengan demikian, kadar airnya menjadi hanya berkisar antara 10 -15%.

Bahan dan Peralatan

Bahan yang diperlukan untuk proses pembuatan rumput hay ini diantaranya yaitu rumput yang berbatang kecil. Hal ini bertujuan supaya rumput bisa lebih mudah dikeringkan. Untuk jenis rumput yang akan dikeringkan bisa menggunakan jenis rumput brachiaria decumbens (BD), setaria, star grass dan masih banyak lagi. Untuk jenis alat yang dipakai yaitu pemotong rumput, penjemuran bias. Anda bisa menjemur di halaman yang luas maupun di tempat yang sengaja dibuat khusus. Butuh juga garpu untuk pembalikan ketika dijemur, alat pengepakan serta tempat untuk menyimpan rumput hay ini.

Baca juga:   Pakan Kelinci Terbaik dan Cara Pemberian yang Tepat
Advertisement

Cara Pembuatan

Untuk membuat rumput hay anda bisa melakukan pada saat musim hujan. Sebab, ketika itu biasanya cuaca cukup tinggi dan masih terdapat hujan. Dengan demikian, rumput sesudah dipotong masih bisa memungkinkan tumbuh dengan baik. Sebab, masih tersedia cukup air. Pemilihan rumput yang baik yaitu rumput yang menjelang masa berbunga.

Selanjutnya rumput yang telah anda potong itu bisa dijemur dengan ketebalan yang cukup. Ketika dijemur rumput sebaiknya dibolak-balik dengan memakai garpu. Pembalikan itu dilakukan supaya rumput bisa menjadi kering secara merata. Semakin kerap dilakukan pembalikan, maka untuk hasil pengeringan juga akan bisa menjadi semakin baik.

Advertisement

Saat sore hari atau menjelang turun hujan, sebaiknya anda kumpulkan rumput itu dan ditumpuk. Selanjutnya, anda bisa menutup dengan terpal atau bahan yang tidak tembus air hujan. Maksud tujuannya yaitu untuk melindungi rumput dari embun yang turun sa atmalam hari maupun karena air hujan. Kemudian, anda bisa melakukan penjemuran lagi dan tetap dilakukan pembalikan.

Baca juga:   Tips Merawat Kelinci Karpet / Rex agar Sehat

Anda dapat menjemur hingga kadar air menjadi 10 – 15%. Pada umumnya, untuk mencapai kadar air itu pada umumnya dilakukan penjemuran selama 3 sampai dengan 5 hari. Dengan demikian, ketika dilakukan penimbangan tidak ada lagi penurunan berat. Sesudah itu, anda bisa pengepakan maupun bisa dilakukan dengan mesin pengepakan menggunakan Hay Baller Machine, selanjutnya disimpan pada tempat penyimpanan.

Penyimpanan Rumput Hay

Untuk menyimpan rumput hay yang sudah anda buat, diusahakan tidak terkena air hujan serta punya ventilasi yang cukup baik. Dianjurkan rumput hay juga disusun secara rapi dengan memberikan jarak antara tumpukan yang satu dengan tumpukan yang lainnya. Tujuannya supaya bisa memperlacar aliran udara yang ada pada tempat penyimpanan. Selain itu, juga bisa memudahkan pengontrolan pada hama lain seperti tikus. Selain itu, dalam pengambilan saat pemberian kepada ternak juga bisa dilakukan dengan mudah.

Baca juga:   6 Ciri-Ciri Kelinci Yang Sedang Hamil Muda

Pemberian Rumput Hay Untuk Pakan Kelinci

Cara membuat rumput hay untuk pakan kelinci cukup mudah dilakukan. Pemberian rumput hay bisa dilakukan secara langsung tanpa pemberian apa apa. Pemberiannya juga bisa anda lakukan sepanjang hari. Untuk rumput hay dan rumput segar perbandingannya adalah 1 : 7. Maksudnya 1 kg HAY sebanding dengan 7 kg rumput yang segar.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara buat hay pakan kelinci, cara membuat hay
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *