Ciri-Ciri Kelinci Hamil dan Mau Melahirkan

Ciri-Ciri Kelinci HamilKelinci merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan. Tingkahnya yang lucu tersebut membuat beberapa orang memilih untuk memelihara kelinci. Saat membeli kelinci yang akan dipelihara, biasanya para pembeli akan membeli dua ekor atau satu pasang kelinci.

Kelinci merupakan hewan yang mudah untuk di kembang biakkan. Namun, saat kelinci hamil, biasanya kurang diketahui oleh si pemilik kelinci tersebut. Sehingga perlu adanya pengetahuan mengenai membaca tanda-tanda kelinci hamil.

Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Saat keadaan hamil, biasanya kelinci akan diletakkan di dalam tempat atau kandang khusus agar kehamilannya selalu terjaga. Namun, tak jarang pula tanda-tanda yang diperlihatkan justru salah sehingga kelinci hamil palsu.

ciri ciri kelinci hamil
Gambar ciri ciri kelinci hamil

Sehingga perlu kecermatan dan kejelian yang cukup tinggi. Berikut ini adalah tanda-tanda kelinci hamil.

1. Sensitif

Salah satu ciri kelinci hamil, mereka biasanya akan menunjukkan beberapa macam tanda atau ciri-ciri baik yang terlihat maupun harus disimpulkan. Salah satu tanda yang sering dilihat saat kelinci memasuki masa kehamilan adalah mudah galak atau sensitif.

Perubahan karakter ini membuat si kelinci betina harus lekas dipisahkan dengan pejantan. Bahkan saat sedang hamil, kelinci betina cenderung memiliki sifat yang lebih agresif. Oleh karena itu, saat sedang hamil, kelinci harus dipisahkan kandangnya dengan pejantan.

2. Perut Membesar

Salah satu tanda kelinci hamil yang dapat dilihat dengan jelas yaitu perutnya yang semakin membesar. Keadaan ini tentu dapat dilihat setelah kelinci hamil berapa bulan, misalnya ketika memasuki setengah bulan, perut kelinci akan terlihat membesar yang menandakan bahwa kelinci tersebut hamil. Sehingga setelah mengetahui hal tersebut, Anda harus cepat-cepat memisahkan si kelinci betina dengan pejantan.

3. Menggali Tanah

Apabila Anda meletakkan kelinci Anda tidak dalam kandang tertutup, dan berada di alam terbuka, salah satu tanda yang bisa Anda lihat bahwa kelinci Anda sedang hamil yaitu senang menggali tanah. Kelinci yang sedang hamil tak jarang akan merusak kandangnya sendiri dan ingin keluar dari kandang tersebut.

Hal tersebut merupakan sikap alami yang dimiliki oleh kelinci hamil. Tujuan si kelinci menggali tanah yaitu membuat rumah yang berada di bawah tanah pada saat melahirkan anak-anaknya. Biasanya kelinci akan mempersiapkan kelahirannya jauh-jauh hari.

4. Nafsu Makan Tinggi

Hal yang dapat terlihat sangat jelas dan dapat diamati oleh si pemilik kelinci saat kelinci peliharaannya hamil yaitu meningkatnya nafsu makan.

Hal tersebut sangat lumrah karena kelinci membutuhkan asupan nutrisi yang cukup banyak saat hamil.Sehingga untuk membuat janin di dalam perutnya tetap sehat, kelinci akan menambah nafsu makan mereka dengan porsi makanan yang cukup besar.

Selain itu, tak jarang kelinci akan merasa mudah lapar pada saat malam hari. Sehingga setelah mengetahui kelinci Anda hamil, sebaiknya berikan ekstra makanan pada saat malam hari.

5. Agresif

Ciri-ciri kelinci hamil muda yang satu ini tidak boleh dianggap remeh karena nafsu makan yang tinggi ini bisa menjadi pemicu stres di kelinci. Sehingga mengakibatkan kelinci akan memakan apapun yang ada di dekatnya termasuk anaknya sendiri.

ciri kelinci hamil
Gambar ciri kelinci hamil

Kelinci akan menjadi kanibal apabila kurang asupan makanan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kelinci mulai hamil. Anda bisa memisahkan kandang kelinci hamil dengan si pejantan sehingga kanibalisme tidak akan terjadi.

Selain itu pemenuhan makanan juga harus selalu diperhatikan. Terlebih lagi apabila kelinci hamil muda, keagresifan akan menjadi lebih besar sehingga kelinci akan menjadi lebih mudah sensitif dan menjadi kanibal.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    ciri ciri kelinci hamil palsu, kelinci hamil palsu, https://kelincipedia com/ciri-ciri-kelinci-hamil/, kelincihamil, cara mengecek kelinci hamil, kelinci yang sedang hamil, ciri ciri kelinci Rex hamil muda, cirikelinci hamil, kelinci jantan dan betina jdi satu kandang tpi tidak kawin, ciri ciri kelinci fuzi lop yg lagi hamil, tips karakter kelinci sedang hamil
Tags: