Cara Ternak Kelinci Hias Agar Bisa Cepat Sukses

Saat ini banyak yang memelihara hewan hias untuk dijadikan peliharaan dirumah, untuk hobby maupun untuk bisnis. Dan salah satu hewan yang banyak dipelihara yaitu kelinci hias. Kelinci hias merupakan hewan peliharaan rumah yang baik untuk anda pelihara. Sebab, jenis hewan ini punya kepribadian yang luar biasa serta mudah beradaptasi dengan gaya hidupyang baru. Bahkan, kelinci juga dapat menyesuaikan diri dengan baik jika diajak untuk tinggal di apartemen. Diantaranya seperti cara merawat kelinci anggora. Supaya bisa selalu sehat dan bahagia, kelinci hias ini memang membutuhkan perawatan khusus. Cara ternak kelinci hias ini pun juga harus diperhatikan, dimulai dengan banyak diberi makan jerami dan sayuran. Untuk sarang juga sebaiknya dibuat hangat dan nyaman.

Cara Ternak Kelinci Hias

Cara ternak kelinci hias yang pertama kalinya anda harus melakukan berbagai macam hal. Diantaranya adalah pemilihan bibit unggul,sehat dan yang tidak terdapat cacat untuk dijadikan indukan. Karena, kualitas dari kelinci hias juga sangat mempengaruhi kualitas anakan yang dihasilkan. Jika indukan yang disiapkan semakin bagus, amak untuk keturunannya yang dihasilkan juga akan sebanding dengan sang induk. Untruk kelinci yang sehat tanda atau ciri-ciri yang bisa kita lihat yaitu dari bentuk badan dan juga dari ciri fisiknya. Tak hanya itu saja, kelinci anggora sehat juga akan bisa tahan pada berbagai macam serangan penyakit yang kapan saja dapat menyerang kelinci yang anda pelihara.

Pembuatan Kandang

Untuk cara ternak kelinci hias yang selanjutnya anda harus menyiapkan kandang yang berukuran tepat. Untuk kelinci yang memiliki ukuran rata-rata 8 pon bahkan lebih, Anda akan memerlukan kandang yang lebarnya paling tidak empat kaki, dua kaki, dan dua kaki. Ukuran kandangnya sebaiknya bisa untuk kelinci berbaring dengan dengan nyaman dan masih mempunyai ruang untuk makanan dan air serta kotak pasir.

Advertisement
Advertisement

Jenis kelinci hias biasanya lebih suka dengan lokasi atau tempat yang dingin serta kering. Dengan demikian, untuk anda yang memulai budidaya ternak kelinci anggora, pilihlah tempat yang sesuai habitat kelinci di alam liarsebaiknya anda terapkan. Tujuannya agar hewan kelinci anda bisa berkembang biak dengan cepat dan terjauh dari serangan berbagai jenis penyakit.

Makanan

Untuk jenis makanannya, sebaiknya kita harus bisa sesuaikan dengan habitat alam kelinci anggora ini. Jika ada indonesia, makanan utama kelinci hias ini bisa dari rumput segar dan juga berbagai macam jenis sayuran. Akan tetapi juga dapat diberikan pakan tambahan lain. Diantaranya seperti konsentrat, pakan pelet dan pakan dari biji-bijian juga bisa anda berikan khusus untuk indukan yang sedang dalam masa hamil dan masa menyusui anak-anaknya.

Jika kelinci hias anda beri biji-bijian, maka nantinya akan mampu membuat air susu kelinci keluar dengan begitu deras. Makanan tambahan lain yang dapat anda berikan yaitu berupa pelet yang banyak di jual di toko unggas. Sebab, untuk jenis pakan ini lebih punya banyak kandungan gizi lengkap yang tidak dijumpai dalam jenis pakan lainnya. Anda bisa memberikan makanan tambahan, misal 3 sampai dengan 5 hari sekali.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Cara ternak kelinci hias yang paling penting untuk anda lakukan yaitu pengendalian hama penyakit. Biasanya kelinci yang dipelihara mudah terkena penyakit sebagian besar karena di sebabkan oleh faktor lingkungan kandang sekitar yang kebersihanya kurang terjaga. Hal seperti ini merupakan faktor yang paling penting dan patut diperhatikan apabila sedang menekuni budidaya jenis kelinci apa saja, seperti halnya kelinci hias anggora.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara kelinci berkembang biak
Advertisement