Cara Membuat Kandang Kelinci Unik dan Sehat

Kelinci adalah salah satu hewan yang banyak di jadikan peliharaan, selain anjing atau kucing. Sebab fisiknya yang luci dan menggemaskan, hewan ini cocok untuk di jadikan hewan peliharaan. Hewan kelinci ternak pun juga terbilang sangat mudah untuk dirawat di rumah. Untuk anda yang tertarik memelihara hewan kelinci, maka sebaiknya anda harus memperhatikan atau bisa juga menyiapkan seperti kandang kelinci. Cara membuat kandang kelinci unik yang benar bisa anda terapkan di rumah anda.Dan ini termasuk salah satu yang terpenting untuk Anda yang ingin memelihara kelinci di rumah.

Kandang kelinci yang unik dan nyaman akan membuat kelinci anda senang di dalamnya dan juga akan sehat. Cara membuat kandang kelinci unik yang benar bisa anda terapkan di rumah anda. Pemilihan lokasi kandang kelinci juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Tempat yang tenang serta jauh dari kebisingan manusia dan kendaraan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi apabila anda hendak membangun kandang kelinci. Penempatan kandang kelinci lebih baik sebaiknya berada di tempat yang sepi. Sebab agar tidak menjadikan kelinci peliharaan anda tersebut merasa kaget. Kelinci yang sering kaget biasanya akan menjadi stres dan nafsu makan yang menurun, jadi bisa mudah mati.

Cara Membuat Kandang Kelinci Unik

Membuat kandang kelinci yang unik memang perlu anda lakukan. Akan tetapi kenyamanan jangan sampai anda lupakan. Sebab jika kelinci tidak merasa nyaman di kandangnya, bisa saja kelinci tersebut sakit dan mudah mati. jadi cara membuat kandang kelinci unik juga harus memperhatikan dari banyak hal.

Advertisement
Advertisement

Bahan yang di Perlukan

  • Siapkan Kayu.
  • Setelah itu siapkan bambu untuk dasar kandang kelinci.
  • Asbes atau genteng untuk atapnya.
  • Lalu siapkan ram atau kawat untuk kandang di sekitar ujung.
  • Setelah itu siapkan engsel digunakan pintu kandang.
  • Terakhir siapkan paku besar atau kecil.

Cara Membuat

Terlebih dahulu, anda dapat membuat rangka kandang untuk ukuran tinggi sekitar 75 cm. Kemudian untuk tinggi kandang mencapai 50 cm atau kaki sekitar 25 cm. Kemudian untuk panjangnya kurang lebih mencapai 100 cm. Sedangkan untuk lebar dapat mencapai 50 cm. Dan ini termasuk salah satu ukuran yang cukup ideal untuk seukuran hewan kelinci.

Kemudian anda dapat memberikan alas yang terbuat dari bambu, sebab memakai bambu untuk kadang ini akan terjaga lebih dalam untuk keadaan kering dan tidak lembap. Sebab urine dari kelinci biasanya terbuat secara langsung. Anda juga bisa membuat pintu di salah satu pada bagian sisi kandang. Pakailah kawat untuk ujung kandang. Anda juga dapat membuat atap dengan menggunakan asbes atau bisa juga dengan memakai genteng, terpal maupun plastik. Anda dapat memvariasikan kandang tersebut atau membuat secara unik sesuai dari keinginan Anda.

Penempatan Kandang Kelinci

Sinar matahari pagi memang sangat diperlukan untuk menerangi dan juga untuk mengeringkan kandang. Tujuannya supaya kuman penyakit akan hilang di sekitar atau di lokasi kadang itu. Kadang-kadang hewan kelinci tersebut juga dapat tumbuh dengan baik apabila kelinci tersebut memiliki lingkungan yang sejuk. Atau memiliki suhu smulai dari 15 hingga 20 derajat celcius yang kelembapan udaarnya dari 60 hingga 90%.

Anda juga bisa meletakkan kandangnya pada dekat pepohonan rindang supaya udaranya tetap sejuk atau masih terkena sinar matahari. Cara membuat kandang kelinci unik dan sehat bisa anda berikan ventilasi udara. Hal ini penting dilakukan sebab bisa menjaga kondisi kandang supaya tidak lembap. Kemudian udara pun juga dapat keluar masuk dengan mudah.

Advertisement