Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri (Murah!!)

Hayooo ada yang udah pernah membuat kandang kelinci sendiri apa belum? pastinya belum kan? yahh sayang banget. Padahal cara membuat kandang kelinci yang baik dan sehat ini tergolong mudah dan murah yang pastinya ga usah beli yang mahal,lebih baik bikin sendiri. Menurut pengalaman aku berternak kelinci dan untuk pertama kalinya membuat kandang kelinci sendiri itu memang kurang rajin ya karena pertama kalinya si maklum aja, tapi kandang yang kedua dibuat sudah mulai terlihat rajin. Kalau kamu beli kandang yang bentuknya lebih bagus ya udah pasti harganya juga lebih bagus alias mahal coy!

Kalau kita bisa membuat kandang kelinci sendiri dan pastinya bisa mengurangi biaya pengeluaran, kenapa engga kita bikin sendiri aja? Ya kan, ya iyalah Selisih untuk membuat kandang kelinci sendiri itu harganya lebih murah separuhnya daripada kita membeli kandang kelinci yang bikin kantong kering, gak percaya? coba aja tengok harga kandang kelinci ini dan nanti bandingkan sendiri dengan buatan anda sendiri. Yuk mari kita simak artikel ini.

Cara Membuat Kandang Kelinci Sendiri Harga Miring (Alias MURAH)

Sebagai contoh saja, aku pengin bikin kandang kelinci tingkat dua dan aku bagi menjadi enam kandang. Nah satu tingkat itu isinya ada 3 kandang.

Untuk ukuran panjang masing-masing slot kandang kelinci bertingkat adalah 60 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 40 cm.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan Membuat Kandang Kelinci serta jumlah pengeluarannya:

  1. Membeli balok kayu atau kayu usuk sebanyak 12 buah. Harganya berkisar Rp 150.000.
  2. 3 Balok bambu harganya sekitar Rp 30.000
  3. Harga 1 lembar asbes sekitar Rp 45.000.
  4. Harga kawat galvanis atau strimin 4 meter persegi sekitar Rp 60.000
  5. Paku usuk dan paku bambu harganya sekitar Rp 15.000
  6. Tempat untuk kotoran kelinci bagian bawah bisa dari plastik besar atau pakai lainya, hanya sebagai wadah saja (optional). Kalau langsung ke tanah tidak apa-apa untuk pupuk.

Semua jumlah pengeluarannya sekitar Rp 300.000, harga semua perkiraan karena di toko-toko terdekat di kota anda bisa saja berbeda dengan harga di tempat saya.

Nahh kalau kamu ingin membuat kandang kelinci yang full dari kayu bahannya. Itu jelas lebih mahal karena kayu sekarang harganya lebih mahal dibandingkan bambu. Kalau di desa, bambu lumayan murah bahkan gratis nebang sendiri. Kalau di desa harga bambu berkisar Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

Untuk Peralatan Membuat Kandang kelinci

  1. Palu – Kalau kamu tidak punya palu ya pake batu aja yang besar untuk memukul pakunya (gratis)
  2. Obeng plus/min (Optional)
  3. Penggaris besi (Optional)
  4. Gergaji – Ga punya gergaji? pinjem coy, ga bisa pinjem? Injek aja tuh kayu sampe patah dan ngukurnya pake ilmu ndean(kira-kira).

Berikut contoh-contoh kandang kelinci murah sampai dengan yang mahal, namun bisa juga GRATIS Loh, kalau memang kamu sudah punya bahan-bahan dan peralatanya.

Gambar kandang kelinci pedaging dari bambu
Gambar kandang kelinci pedaging dari bambu
gambar kandang kelinci hias
Gambar kandang kelinci hias
gambar kandang kelinci yang baik dan sehat
Gambar kandang kelinci yang baik dan sehat
gambar kandang kelinci sederhana
Gambar kandang kelinci sederhana
gambar kandang kelinci rumahan
Gambar kandang kelinci rumahan
gambar kandang kelinci anggora
Gambar kandang kelinci anggora
gambar kandang kelinci ternak
Gambar kandang kelinci ternak
gambar kandang kelinci minimalis
Gambar kandang kelinci dari kawat model minimalis
Gambar Contoh Kandang Kelinci dari Kardus
Gambar Contoh Kandang Kelinci dari Kardus

Hayuhhh gimana menurut kalian? Mantep kan contoh kandangnya. Kalau bisa ditiru kenapa engga? hajar aja bro/sist, pasti kalian bisa bikin kandang kelinci yang kaya gitu. Pastinya butuh ketekunan dan ketelitian saat membuat kandang kelincinya. Jangan sampai jari atau jempol tanganya terkena palu apalagi sampe copot kukunya yah, hehe

Pada waktu aku pertama kali membuat kandan kelinci, aku sering terkena palu sampe kukunya item. Biasanya jempol dan jari telunjuk yang sering kena. Seiring waktu juga sudah terbiasa dan mahir dengan sendirinya.

Catatan: Perlu diperhatikan untuk membuat jeda bambu pada bagian alasnya itu jangan terlalu rapat. Kira-kira jeda atau lebarnya sudah seukuran jari telunjuk orang dewasa, agar kotoran alias poop atau eek kelinci bisa keluar dari kandang.

Sekian artikel dari cara membuat kandang kelinci sendiri, semoga bermanfaat buat kamu-kamu (kalian), mudah-mudahan temotifasi juga. Jangan lupa share atau berbagi ke teman-teman lainya yah!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    Kandang kelinci, cara membuat kandang kelinci, ukuran kandang kelinci, kandang ternak kelinci, membuat kandang kelinci, cara buat kandang kelinci, gambar kandang kelinci, https://kelincipedia com/cara-membuat-kandang-kelinci-sendiri/, contoh kandang kelinci, ukuran kandang kelinci pedaging, kandang kelinci dari bambu