Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kawat Paling Mudah

Kelinci adalah jenis hewan peliharaan yang bentuk fisiknya lucu dan banyak yang ingin memeliharanya dirumah. Anda bia saja memelihara kelinci ini di rumah anda, sebab kelinci mudah anda rawat sendiri dirumah. Untuk anda yang berminat memelihara hewan lucu kelinci, sebaiknya anda berusaha memperhatikan atau bisa juga menyiapkan seperti kandang kelinci. Hal ini sangat penting sekali bagi anda yang ingin memelihara kelinci di rumah. Jadi, tidak ada acuan khusus dalam membuat kandang kelinci. Misal, anda harus paham cara membuat kandang kelinci dengan kawat atau bambu. Anda harus memperhatikan dari masalah kekuatan serta kenyamanan kelinci apabila menempati kandang tersebut. Hal ini juga bisa untuk menentukan kualitas produktifitas kelinci, terutama untuk kandang ternak serta kandang budidaya.

Tak hanya itu saja, perhatikan juga mengenai sirkulasi udara kandang yang kita buat. Sebab untuk sirkulasi udara yang tinggi bisa menetralisir kelembapan yang ada di dalam kandang, Selain itu kelinci juga tidak mudah terserang penyakit. Nah, selain mengutamakan kenyamanan kandang kelinci, sebaiknya kandang juga mudah untuk kita bersihkan. Buatlah kandang dengan alas yang kuat. Dan akan lebih bagus jika kita memakai kawat ram. Sebab, kotoran akan langsung mudah terbuang serta tidak menumpuk pada dasar kandang.

Advertisement

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kawat

Cara membuat kandang kelinci dari kawat, ada bisa menggunakan bahan berupa kawat galvanis, kawat loket yang sudah dilapisi dengan cat, kayu dan bamboo. Hal tersebut harus disesuaikan dengan anggaran para peternak sendiri Supaya awet, pakailah bahan kawat yang berkualitas. Sebab, jika terbuat kayu, kandang mudah keropos sebab umur / kotoran kelinci. Sedangkan untuk ukuran, anda dapat menggunakan ukuran, yaitu untuk panjang : lebar : tinggi adalah 60 : 45 : 40. Ini merupakan ukuran minimal untuk kelinci jenis sedang. Sedangkan untuk kelinci yang jenis besar, anda bisa menambahnya lagi, baik itu untuk panjang, lebar, dan tingginya.

Advertisement

Cara membuat kandang kelinci dari kawat galvanis bisa anda coba karena bahan ini juga cukup murah, namuan umurnya lumayan panjang. Cara membuat kandang kelinci dari kawat galvanis pun tidak serumit, jikadibandingkan membuat kandang kelinci darii bambu dan kayu. Dengan memkai kawat galvanis, anda semua tinggal memotong sesuai dengan ukuran yang anda kehendaki. Dan sesudah itu tinggal ikat lalu kandang pun sudah jadi.

Ukuran Kandang Kelinci Yang Baik

Untuk ukuran kandang kelinci anda, bisa disesuaikan dengan besar kelinci yang akan menempati kandang itu. Tanpa harus mengurangi ruang gerak kelinci, akan tetapi juga tidak menghabiskan ruang yang berada di kandang utama. Harus anda fikir-fikir terlebih dahulu ukuran kandang yang luas untuk kelinci peliharaan anda tersebut. Secara umum, kandang kelinci dapat dibagi menjadi 3, antara lain yaitu kandang indukan ukuran besar, sebab dijadikan untuk tempat beranak yang di dalamnya akan terdapat nestbox. Selanjutnya kandang anakan lepas sapih serta kandang pejantan yang dipakai dalam proses pengawinan kelinci.

Bisa juga dengn menggunakan kandang ukuran standart, yang mana dapat untuk ketiga tipe kelinci di atas. Kandang untuk kelinci yang ukurannya p x l x t, 70-80 cm meter ke belakang. Selain itu ukuran lebar ke samping 50 cm-60 cm. Lalu untuk tingginya 50 cm sudah cukup luas bagi indukan kelinci jenis rex. Anda dapat menerapkan cara membuat membuat kandang dari kawat yang lebih besar per plongnya sesuai besar kelinci yang anda pelihara.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    alas kandang galvanis dilapisi bambu, Kawat buat kandang kel, ukuran standar kandang kelinci kawat galvanis
Advertisement