Cara Membuat Kandang Kelinci Bertingkat Yang Baik

Kelinci adalah jenis hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi anda harus tahu cara membuat kandang kelinci bertingkat jika ingin memeliharanya. Berternak kelinci sangat mudah dan lebih murah jika dibandingkan beternah hewan yang lainnya. Kemudian, kelinci juga dapat diperjual belikan entah sebagai hewan peliharaan atau untuk konsumsi manusia. Dan jika anda ingin memelihara kelinci ataupun berternak kelinci, hal yang harus anda perhatikan yaitu mempersiapkan kandang kelinci. Dalam memelihara kelinci hal yang pertama harus kita siapkan pada umumnya berupa kandangnya.

Cara Membuat Kandang Kelinci Bertingkat

Pada umumnya, kandang kelinci memiliki ukuran yang berbagai macam. Akan tetapi, hal itu berdasarkan pada bentuk tujuan dan lokasinya. Apabila tujuannya adalah untuk memelihara kelinci untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, pada umumnya kandang tersebut cukup dengan berukuran kecil atau kerap di sebut kandang kelinci minimalisseperti biasanya. Kandang kelinci memang merupakan fasilitas yang paling penting ketika kita memutuskan memelihara kelinci. Sehingga, dalam pembuatan kandang harus memperhatikan desain kandang kelinci supaya memudahkan anda dalam merawat kelinci. Sedangkan untuk desain kandang kelinci juga sangat berpengaruh dengan keindahan sehingga orang yang melihat nampak kagum. Dan semua itu bisa terwujud dengan pemilihan desain kandang kelinci yang tepat.

Cara Membuat Kandang Kelinci Bertingkat

Kandang kelinci ternak yang baik biasanya dibuat bertingkat dari bahan dasar kayu ataupun dari bambu. Akan tetapi, ada juga kandang yang terbuat dari kawat ataupun alumunium. Kandang yang dirancang khusus untuk peternak sebaiknya harus mempunyai bentuk petakan atau berbeda beda ruangan. Kemudian di dalam kandangnya juga harus tersedia tempat minum dan makanan kelinci yang ingin di ternakan.

1. Bentuk Kandang

Cara membuat kandang kelinci bertingkat yaitu tepat dibawah kandang harus terdapat jarak sebagai tempat kotorannya nanti . Sebab, jika tidak ada akan mengakibatkan kotoran kelinci diatasnya akan jatuh tepat pada kelinci dibawahnya. Jika sudah demikian, maka akan berakibat beraneka macam hal . Diantaranya seperti kelinci akan terkena bakteri jahat ketika keadaannya lembab. Selain itu untuk pada jarak kandang tersebut dapat anda sediakan tempat khususs untuk menampung kotoran sementara. Berikan jalan untuk sirkulasi udara yang cukup, sehingga kelinci peliharaan anda akan merasa nyaman pada saat berada didalamnya.

2. Ukuran Kandang

Jika anda tidak memiliki lokasi yang cukup luas ,maka sebaiknya anda membuat kandang yang lebar. Tujuannya supaya kelinci nyaman serta untuk menghindari kelembapan. Akan tetapi jika area yang akan digunakan untuk kandang tidak luas maka dapat membangun kandang dengan luas yang minim. Meskipun ini kurang baik untuk kelinci, antisipasinya anda harus memperhatikan ukuran lebarnya, paling tidak 4 kali ukuran besar kelinci.

3. Alas Kandang

Sebaiknya anda membuat alas kandang dengan bahan yang kuat. Tujuannya agar tidak bergoyang ketika terinjak kelinci. Dan untuk menghindarkan kelinci dari kejepit, dimasuki tikus dan yang lainnya jangan memberikan celah yang terlalu lebar. Alas juga sebaiknya bisa dicopot, tujuannya agar mudah jika anda akan membersihkan kandangnya.

4. Tinggi Kandang

Dalam urusan tinggi kandangnya sendiri, dianjurkan jangan terlalu pendek.Karena salah satu kesehatan kelinci bisa ditentukan ketika kelinci kerap berdiri, maka tinggi kandang dapat anda sesuaikan dengan ukuran panjang kelinci yang akan ditaruh didalamnya. Misalnya saja jika kelinci dengan panjang 50 cm, maka anda dapat membuat kandang dengan kelinci 60 cm.

5. Jarak Kandang

Cara membuat kandang kelinci bertingkat yaitu harus anda perhatikan pada masalah jarak. Minimal 30 cm antara tanah dengan kandang. Tujuannya supaya kelinci jauh dari kotoran. Dengan demikian bisa meminimalisir kelinci terserang bakteri yang dapat menjadikannya sakit.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara membuat kandang kelinci bertingkat dari kayu, kandang kelinci bertingkat, ukuran kandang kelinci bertingkat