Info Pakan Alternatif Kelinci Pedaging dan Hias (ALAMI!!)...

Pakan Alternatif Kelinci Pedaging dan Hias (ALAMI!!)

Wednesday, December 28th, 2016 - Perawatan Kelinci

Cara membuat pakan alternatif kelinci pedaging dari bahan alami – Ternak kelinci merupakan salah satu bidang usaha yang memang masih banyak memiliki prospek yang menjanjikan. Kenapa bisa begitu? Ya, karena masih sangat banyak permintaan kelinci di beberapa daerah yang mengalami peningkatannya.

Pakan Alternatif Kelinci Pedaging

Gambar kelinci yang sedang memakan rerumputan alami.

Untuk beternak kelinci bisa di bedakan menjadi 2 kategori yaitu kategori untuk kelinci pedaging dan kategori untuk kelinci hias, dari 2 kategori itu, kebanyakan memang kategori kelinci pedaging yang lebih mudah dalam hal perawatannya. Kenapa? Karena dalam kategori ini tidak diperlukannya perawatan khusus untuk membudidayakan kelinci pedaging, sangat berbeda dengan kelinci hias. Kelinci hias sangat membutuhkan perawatan yang khusus dan pastinya akan banyak membutuhkan biaya tambahan yang bikin kantong kamu menipis.

Dari kedua kategori diatas mempunyai kendalah yaitu masalah pakan kelincinya, kamu sudah tahukan? Kalau kelinci makanan favoritnya dari rerumputan, sayuran, dedaunan dan lain sebagainya. Namun bagaimana kalau makanan itu sudah sangat di cari? Contohnya saja jika disaat itu adalah sedang terjadinya musim kemarau? Solusi cara mengatasinya yaitu dengan membuat pakan alternatif kelinci.

Cara Membuat Pakan Alternatif Kelinci Pedaging

Cara Membuat Pakan Alternatif Kelinci

Proses penggilingan pakan alternatif untuk kelinci.

Dalam hal membuat pakan alternatif kelinci mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan pakan, akan tetapi dalam membuat pakanya lebih baik mengambil bahan makanan yang masih segar dan higenis.

Contohnya langsung mengambil dari alam atau kebun, seperti sayuran, rerumputan, dedaunan, dan sejenisnya. Tetapi ada beberapa makanan alami kelinci tersebut, ada daun yang memang tidak boleh dimakan untuk kelinci, nama daunya  yaitu daun mandingan. Kenapa? Ya! Karena daun tersebut bisa berakibat untuk kelinci lebih rentan terkenanya penyakit kulit seperti jamuran atau gudigan. Oleh karena itu kamu harus ekstra memperhatikan pakan yang akan diberikan kelinci kamu.

Baca juga : Cara memelihara kelinci di rumah

Sebelum mengarah ke cara pembuatanya, ada beberapa kendala yang harus kamu hadapi, walaupun bahan-bahanya tersebut bisa dibilang alami, tetapi untuk mendapatkan pakanya mungkin kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya. Selain itu kelinci juga harus beradaptasi dengan pakan alternatif ini, karena biasanya jika diberikan pakan berupa rerumputan terkadang kelinci tidak mau makan.

Kamu tidak usah khawatir karena kelinci kamu akan beradaptasi dengan seiringnya waktu akan terbiasa secara sendirinya.

Bahan-bahan pembuatan pakan alternatif kelinci :

  • Bungkil yang terdapat pada kelapa
  • Bungkil yang terdapat dari kedelai
  • Tepung mineral
  • Dedak (Dedek kalo orang jawa yang bilang) bekatul atau bisa juga dengan dedak yang sudah halus

Jika bahan-bahanya sudah siap, maka proses membuatnya sebagai berikut.

  1. Untuk takaranya kamu bisa mengukur sesuai kebutuhan kamu yah! Misalnya 1kilogram pakan alternatif akan membutuhkan 500gram dedak, 200gram bungkil kelapa, 200 gram bungkil kedelai, dan 100 gram tepung mineralnya.
  2. Jika bahan-bahan tersebut sudah didapatkan, maka kamu bisa langsung mencampurkannya dalam satu wadah dan berikan sedikit tambahan air agar lebih mudah disatukan bahannya.
  3. Aduk-aduk campuran dari bahan-bahan yang sudah dimasukkan sampai merata yah!
  4. Jika bahan-bahanya sudah diaduk hingga menyatu dengan merata, kamu bisa langsung memberikannya pada kelinci pedaging dan kelinci hias. Tidak hanya kelinci hias dan kelinci pedaging saja lho! Tetapi bisa diberikan ke kelinci lainnya.

Baca juga : Cara ternak kelinci pedaging

Bahan lainnya bisa menggunakan dengan :

  • Bahan bekatul
  • Biji-bijian
  • Tepung jagung
  • serta bahan lainnya yang mengandung serat tinggi.

Untuk banyak sedikitnya pakan kelinci, sudah dibahas diatas bahwa ini tergantung dari jumlah kelinci kamu, makan sesuaikan saja sesuai porsinya. Biasanya untuk kelinci yang umurnya dewasa bisa berikan pakan sekitar 100-140gram, untuk kelinci yang sedang hamil bisa berikan 160-200gram.

Tetapi jika kelinci masih berumur 2-4 bulan. Kamu bisa mengurangi porsi dari 70gram, lebih baik dalam pemberian pakan pada kelinci, kamu menyesuaikan dengan jadwal pemberian makanya per harinya.

Alat-alatnya cukup sederhana kok, kamu bisa membuatnya dengan bak plastik untuk mencampurkan adonanya, untuk alat lainya bisa gunakan sendok, panci, kompor.

Cara pembuatanya :

  1. Mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan
  2. Gunakan air agar dalam pencampuranya merata dan menyatu pada bak plastik
  3. Jika sudah dirasa merata, kamu bisa mengukus adonand engan panci selama kurang lebih 30 menit atau bisa dilihat dengan perubahan warnanya.
  4. Jika warnanya sudah berubah dan suhunya masih panas, tinggal melakukan pencetakan adonan dengan menggunakan penggilingan mie hingga membentuk adonan yang memanjang.
  5. Lalu gunakanlah oven untuk mengeringkan adonanya yang sudah di bentuk-bentuk tadi, kalau tidak ada oven kamu bisa menjemurnya dalam beberapa hari, untuk penjemuranya lebih baik di alas yang bersih agar benar-benar kering adonanya.
  6. Pakan alternatif siap diberikan pada kelinci.

Baca juga : Cara mengobati kelinci mencret

Nahh, itulah beberapa cara dalam pembuatan pakan alternatif untuk kelinci hias, kelinci pedaging, dan kelinci jenis llainnya. Gunakan cara itu jika dalam kondisi darurat, tidak baik diberikan secara berlebihan. Karena semua yang berlebih tidak baik. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman pecinta kelinci yang sedang beternak kelinci yah! Agar tahu informasi penting ini. Sekian dan terimakasih.

 

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci new zealand magelang, cara membuat kelinci betina birahi, cara membuat pakan kelinci dari dedak, pakan alternatif kelinci, Agar kelinci gemuk, makanan alternatif kelinci, citrafeed, pakan alternatif kelinci pedaging, kotoran kelinci berlendir, makanan supaya kelinci gemuk
Pakan Alternatif Kelinci Pedaging dan Hias (ALAMI!!) | kelincipedia.com | 4.5