Info Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir TERLENGKAP!!...

Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir TERLENGKAP!!

Saturday, December 24th, 2016 - Perawatan Kelinci

Cara merawat anak kelinci memang gampang-gampang susah, Memelihara kelinci yang tersulit yaitu memelihara kelinci pada usia anakan. Kelinci baru lahir memang sangat sensitif dan lemah nah untuk itu dibutuhkan perlakuan khusus dalam merawat serta menjaga anak kelinci yang baru lahir. Yuk, simak artikel cara merawat anak kelinci yang baru lahir berikut.

cara merawat anak kelinci
Gambar anak kelinci lucu sedang berdiri

Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

Teknis dalam perawatan anak kelinci yang baru lahir harus diperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kelinci terjadi pada induk kelinci setelah melahirkan akan segera keluar dari sarang untuk mencari makan untuk anak kelinci. Kelinci tidak seperti hewan lain yang menjaga bayinya, induk kelinci hanya memberikan susu pada bayi kelinci sekitar 5 menit perhari. Nah ini menunjukkan bahwa anak kelinci akan rentan terhadap serangan predator.

anak kelinci umur 1-2 hari
Foto anak kelinci umur 1-2 hari

Berdasarkan penglaman, kasus yang sering menimpa peternak kelinci yaitu serangan tikus yang masuk dari dalam tanah. Sebagai pemelihara sekaligus peternak kelinci, beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu memastikan bentuk kandang kelinci sebelum ditempati oleh sang induk kelinci nah maka dari itu kelincipedia.com sudah menyiapkan artikel cara membuat kandang kelinci dengan harga murah meriah bahkan gratis (modal tenaga).

Cara Praktis Merawat Anak Kelinci

Nah cara ini bisa anda lakukan pada saat bangun pagi-pagi lalu perhatikan serta raba-raba perut bayi atau anak kelinci dengan lembut. Kalau kamu merasa hangat di perut anak kelinci maka bisa dipastikan induk kelinci merawat anaknya dengan benar. Perut bayi  kelinci yang hangat itu tanda baru disusui oleh induknya.

Masih kurang yakin? langsung aja menimbang anakan kelincinya. Kamu gaperlu khawatir memegang bayi kelincinya, karena biasanya induk kelinci kurang peduli dengan bau-bauan yang tertinggal setelah bayinya dipegang. Jika kamu sudah selesai menimbang anak kelinci, catat berat bayi kelinci lalu kamu bandingkan dengan hasil timbangan selanjutnya, jika ada kenaikan berat badan hingga 25 gram sudah bisa dipastikan bayi kelinci memang disusui oleh induknya.

mitos kelinci binatang kanibal? Ga usah percaya deh, semua hewan seperti itu jika dalam kondisi “kepepet” contoh Induk kelinci memakan bayinya karena bayi kelinci dianggap tidak mampu lagi untuk bertahan hidup dan itu alamiah.

Cara Mengatasi Induk Kelinci Setress  Setelah Melahirkan

Kamu harus ekstra memperhatikan, kelinci setress sangat berbahaya bagi anak kelinci, karena induk kelinci setelah melahirkan sangat rentan mengalami stress. Nah kondisi itu cara mengatasinya dengan memberikan makanan yang induk kelinci sukai agar agresifitasnya bisa di kondisikan atau di tekan.

bulu anak kelinci
Foto bulu kelinci untuk menghangatkan anak kelinci

Nah buat kamu yang baru mengalami langsung atau melihat kelinci yang bulunya rontok, jangan panik , karena induk kelinci merontokan bulunya untuk kehangatan anak kelinci karena anak kelinci yang baru lahir tidak memiliki bulu sama sekali (jelas lah). Maka dari itu kita harus memperhatikan kondisi ruangan atau lingkungan kandang kelinci yang pastinya tidak dalam kondisi bersuhu dingin atau lembab.

Cara merawat bayi kelinci sebenarnya tidak sulit hingga usia 3 minggu, bayi atau anakan kelinci hanya mengkomsumsi air susu induk kelinci. Nah ketika memasuki usia 19-25 hari , bayi kelinci mulai belajar menggit serta mencari makan bersama induk kelinci. Jika anak kelinci sudah berumur 35 hari, kita sudah bisa memberikan makanan tambahan seperti konsentrat agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Memindahkan Anak Kelinci Karena Kebanyakan

Kelinci bisa melahirkan dalam jumlah banyak sekaligus, bisa mencapai 8 ekor sekaligus padahal puting susu induk kelinci hanya berjumlah 8. Maka dari itu pindahkan anak kelinci yang baru jika jumlah anak kelinci lebih dari 8 ekor, jika dalam kondisi kepepet  biasanya “peternak kelinci memberi susu anak  kelinci yang tidak mendapat susu dari induknya” (cara ini biasanya digunakan untuk merawat bayi kelinci tanpa induk kelinci).

Merawat Anak Kelinci Berdasarkan Usia

Minggu 1 – Merawat Anak Kelinci

Berikan tempat yang baik untuk anak kelinci, selain itu kamu harus menjaga induk kelinci agar selalu sehat dan tenang agar induk kelinci bisa menyusui anaknya dengan baik.

bayi kelinci menyusui
Foto induk kelinci yang sedang menyusui bayi kelinci

Untuk masalah waktu biasanya induk kelinci mengatur waktu untuk menyusui anak kelincinya setiap hari. Kita hanya memperhatikan saja kapan jam menyusui induk kelinci dalam merawat anak-anak kelinci yang baru lahir, kemudian tinggalkan sana atau ngintip dari jauh.

Minggu 2 – Merawat Anak Kelinci

Perhatikan asupan susu dari induk kelinci. Pemberian susu untuk anak kelinci harus adil dan seimbang agar aak kelinci tetap sehat semua serta mempunyai tubuh dan perkembangan yang sama. Untuk minggu ke 2 anak kelinci masih belum bisa membuka mata dan telinganya. Nah kamu cukup perhatikan perut anak kelinci, pastinya kamu sudah tahu kan kalo perut  anak kelinci membesar sudah di susui induk kelinci dan yang belum membesar belum di susui.

Minggu 3 – Merawat Anak Kelinci

Untuk minggu ke 3 mungkin biasanya beberapa anak kelinci sudah bisa membuka mata dan telinganya. Ada yang sudah mulai merangkak dan berjalan bahkan melompat. Biasanya kelinci yang banyak asupan susu dari induknya cepet bertumbuh pesat, maka cek selalu dan pastikan semua anak kelinci yang masih kecil mendapatkan jatah susu yang cukup dari induk kelinci.

Minggu 4 dan seterusnya – Merawat Anak Kelinci

Pada minggu ke 4 kamu sudah mulai santai. Pada usia 1 bulan, anak kelinci sudah mulai rakus dan bisa berjalan bahkan sampai lari-lari. Secara umum , induk kelinci sudah mulai membatasi susu pada anak-anaknya untuk melatih anak kelinci secara alami dengan membatasi asupan susunya.

Pastikan kamu selalu mengkontrol tempat anak kelinci dari basah karena kotoran kelinci dan kelembaban alas di kandangnya. Usahakan kamu memberikan alas kain yang empuk bagi anak kelinci yang pastinya bersih, kering dan jangan lupa mengganti jika sudah kotor (Opsional).

Kamu sudah bisa melepas kelinci di halaman rumah pada usia ini, tetapi kamu harus tetap menjaga kelinci kesayangan kamu agar terhindar dari bahaya serta ancaman predator yang mungkin ada disekitar rumah kamu.

Nah sekian informasi tentang Cara Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir dari kelincipedia.com berdasarkan sumber terpercaya dan pengalaman sendiri, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan atau share artikel ini agar teman-temanmu mengetahui informasi penting ini. Terimakasih.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara membuat gigi kelinci sendiri, cara merawat anak kelinci yang baru lahir, Cara merawat bayi kelinci, kitten anak kelinci, cara merawat anak kelinci agar cepat besar, makanan anak kelinci baru lahir, foto cara merawat anakan bayi kelici, bayi kelinci, susu untuk anak kelinci, cara merawat bayi kelinci yang tidak disusui induknya
Cara Merawat Anak Kelinci Baru Lahir TERLENGKAP!! | kelincipedia.com | 4.5