All for Joomla All for Webmasters

Kelinci Rex Carpet : Ciri-Ciri, Harga dan Cara Merawatnya

Kelinci rex merupakan salah satu jenis kelinci peliharaan yang berasal dari Perancis sekitar tahun 1919. Kelinci ini merupakan kelinci dari keturunan liar yang ada di Perancis yang secara tidak sengaja dikembangbiakan oleh seorang petani yang ada di Paris. Kemudian kelinci tersebut dikembangbiakan oleh seorang pendeta dan diikutsertakan dalam sebuah pameran internasional dan akhirnya kelinci ini terkenal di Eropa. Kelinci ini memiliki ciri-ciri seperti mempunyai kepala yang lebih besar dibandingkan dengan kelinci lainnya, memiliki telinga yang lebar dan tegak, biasanya warna kelinci adalah hitam, biru, merah, putih, dan tricolor serta lebih banyak kombinasi warna. Kelinci ini memiliki bobot sekitar 3,6-5 kg untuk yang standar dan untuk yang mini memiliki bobot sekitar 1,4-2 kg.

Kelinci Rex

kelinci rex

Foto kelinci rex karpet

Selain itu, sebagai kelinci hias kelinci ini juga sebagai kelinci pedaging karena bobotnya yang terbilang cukup berat. Walaupun sebagai kelinci hias tetapi kelinci ini tidak memiliki bulu yang panjang dan lebat melainkan memiliki bulu yang pendek dan halus seperti beludru merah yang mewah sehingga sering disebut sebagai kelinci karpet. Oleh sebab itu, kelinci ini biasa disebut kelinci rex karpet.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Kelinci Rex Karpet

Perawatan kelinci biasa dengan kelinci hias tidak jauh berbeda. Semua kelinci akan tumbuh dengan baik jika diberi perawatan dengan optimal dan rutin. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kelinci khususnya kelinci hias jenis rex ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan seperti jangan mengangkat kelinci dari kupingnya, jika kelinci sedang memberontak maka jangan dijatuhkan secara tiba-tiba tetapi turunkan dengan pelan-pelan dan lepaskan dengan aman. Agar terhindar dari cakaran kelinci, sebaiknya peganglah kelinci dengan menggunakan handuk atau kain lainnya yang tidak licin atau menggunting kuku kelinci terlebih dahulu sebelum dipegang. Perlakukan kelinci dengan lembut dan yang terakhir jangan memberi makan kelinci sayuran basah hal ini untuk menghindari penyakit kulit.

Perawatan Kelinci Rex

Kelinci jenis ini akan memiliki bulu yang lebih tebal jika diplihara di tempat dengan suhu rendah. Perawatan bulu kelinci ini cukup dengan menyisirnya sebulan sekali karena kelinci ini bulunya tidak banyak rontok. Kelinci rex juga kelinci yang banyak dicari untuk dipelihara karena kelinci ini ramah sehingga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan walaupun di rumah banyak anak-anak.

Kelebihan Kelinci Rex

Kelinci jenis ini mempunyai banyak kelebihan dan manfaat sehingga harga jual yang ditawarkan juga mahal dibandingkan dengan kelinci yang lain. Kelinci jenis ini akan mahal apabila sudah beumur di atas 3 bulan. Kelinci yang sudah berumur di atas 3 bulan memiliki harga yang mahal karena harga untuk perwatan selama kelinci berumur 3 bulan mahal dan kelinci yang dihasilkan juga kelinci dengan kualitas yang bagus. Kelinci yang dengan kualitas bagus ini memungkinan bisa dikembangkan menjadi kelinci hias dan bahkan bisa mengikuti kontes kelinci nasional bahkan internasional.

Harga Kelinci Rex

Jika kelinci sudah mengikuti kontes nasional maupun internaisonal bahkan jika punya keahlian khusus seperti dapat menuruti omongan manusia, dapat berdiri, dapat berjabat tangan maka harga yang ditawarkan akan lebih mahal lagi. Kelinci jenis ini juga banyak dicari oleh pemeburu fashion baik di dalam maupuan luar negeri biasanya untuk diijadikan tas, jaket, baju dan lain sebagianya. Harga ini tidak hanya untuk kelinci rex saja tetapi juga untuk semua jenis kelinci. Kelinci rex termahal untuk saat ini untuk jenis yang standar yaitu sekitar Rp 300.000,- sampai Rp 4.000.000,- ini untuk kelinci yang berumur di atas 3 bulan.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kuping kelinci turun sebelah, beli kelinci dimana, jenis kelinci termahal, penyakit kelinci kuping turun sebelah, kenapa kuping kelinci turun sebelah, kelinci rex carpet, harga kelinci giant, kuping kelinci turun, cara mengetahui usia kelinci, bahaya bulu kelinci bagi wanita

Leave a Reply