All for Joomla All for Webmasters

Cara Mengobati Kelinci Mencret Secara Alami

Hingga saat ini penyakit kembung dan mencret masih menjadi penyakit berbahaya bagi kelinci. Meski bukan penyakit yang berat, namun tetap saja hal ini menjadi penyebab kematian kelinci yang paling lazim ditemukan. Permasalahan ini tentu dapat meresahkan bahkan membuat bingung para pemelihara pemula kelinci. Sebelumnya Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri kelinci mencret dan kembung, penyebab, dan bagaimana cara pengobatannya

Kelinci Mencret

kelinci mencret

Gambar kelinci mati karena terkena penyakit diare

Kelinci terkena penyakit mencret atau diare ini memang akan membuat kamu sebagai pemilik kelinci akan memikirkan apasi penyebab kelinci mencret, ciri-ciri kelinci mencret serta cara mengobati kelinci mencret? Nah, kelincipedia akan membahasnya kali ini, oleh karena itu mari baca selengkapnya dibawah ini :

Ciri-ciri Kelinci Mencret dan Kembung

  1. Kotoran kelinci cair atau lembek tidak seperti biasanya
  2. Kelinci akan sering berdiam diri dan tidak aktif
  3. Matanya lebih terlihat kecil dan sayu
  4. Perut terlihat lebih besar dari biasanya
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Suhu badan rendah, terutama bagian perut dan telinga

Kembung dan mencret sejatinya merupakan penyakit yang berbeda. Namun tetap saja kedua penyakit ini saling berkaitan mengingat proses berlangsungnya yang cenderung bergantian. Kelinci akan mengalami kembung setelah mencret. Pola makan yang sembarang dan daya tahan tubuh rendah merupakan factor umum yang menyebabkan kelinci mencret dan kembung. Maka tidak heran jika kedua penyakit ini lebih sering ditemukan pada kelinci yang berusia dibawah 3 bulan karena memang daya tahan tubuh kelinci muda yang masih belum sempurna.

Dalam hal makanan, konsumsi sayur mayur yang banyak mengandung gas seperti kol, sawi, kangkung, dan sebagainya secara berlebih dapat menjadi factor pemicu diare dan kembung. Oleh karena itu perlu diperhatikan komposisi serta porsi makan yang hendak diberikan. Walapun bukan termasuk penyakit yang menular, namun tetap saja upaya preventif dan pengobatan harus cepat dilaksanakan agar tidak menjadi wabah penyakit bagi kelinci lain karena bakteri dan bibit penyakit yang dikeluarkan pada saat BAB. Ada beberapa teknik pengobatan yang dapat Anda berikan apabila terjadi gejala kelinci mencret dan kembung.

  1. Pemijatan
    Pemijatan merupakan teknik yang tepat dilakukan apabila terjadi kembung. Karena pada dasarnya kembung disebabkan oleh pencernaan yang tidak sempurna dan terdapat gas pada usus kelinci. Dengan pemijatan diharapkan BAB kelinci akan kembali normal.
  2. Pakan alami
    Pemberian asupan makanan lewat mulut sangat dianjurkan apabila kelinci masih mau makan. Papaya dan daun jambu dapat menjadi pilihan untuk pakan alami selama kelinci mengalami mencret.
  3. Ramuan Tradisional
    Jika Anda masih dapat menemukan bahan-bahan untuk membuat ramuan, maka pilihlah temulawak, bawang putih, dan jahe sebagai obat kelinci mencret tradisional. Cara pembuatannya cukup menumbuk atau memarut halus salah satu dari bahan tersebut lalu campurkan dengan gula merah dan rebus dengan air secukupnya dan saring. Ramuan ini cocok dikonsumsi ketika masih hangat.
  4. Obat Kimia
    Untuk mencret, Anda dapat memberi Intertim Oral yang diberikan lewat mulut. Namun apabila kelinci terlalu lemas untuk membuka mulutnya atau tidak memungkinkan untuk mencerna makanan, berilah suntikan Intertim LA yang dapat Anda dapatkan di toko obat khusus hewan atau pasar hewan. Dan untuk kekmbung Anda dapat memberikan Permethyl 5% atau Enroten (TMC) atau Rebung. Obat-obat tersebut aman dikonsumsi oleh kelinci yang masih kecil dengan takaran yang pas. Oleh karenanya, cocok dijadikan obat kelinci mencret anakan.

Untuk catatan, apabila terlalu sulit menemukan obat-obatan seperti diatas, Anda juga dapat mengguakan produk obat-obatan yang dikonsumsi manusia, seperti Tolak Angin, Madu, Diapet, Bidium, dan Cotrimozazole Sirup. Namun tetap, gunakan dengan dosis dan takaran secukupnya.

Obat-obatan yang telah disebutkan diatas merupakan obat umum. Artinya, dapat Anda berikan pada segala jenis kelinci. Dapat Anda jadikan obat mencret kelinci anggora, lokal, dan kelinci-kelinci lainnya. Demikian artikel ini diberikan dengan harapan dapat memberi informasi tentang cara, merawat kelinci mencret dan kembung. Jika ditemukan tanda-tanda seperti mata kelinci yang segar, kelinci menjadi aktif kembali, nafsu makan membaik, dan kotoran sudah brangsur normal maka tandanya kelinci Anda sudah sehat kembali.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara merawat kelinci yg mencret, harga kelinci jenis rambon, intertrim, jenis kelinci rambon, kelinci rambon, kotoran kelinci mencret, makanan yang membuat birahi pada kelinci, NZW PURE

Leave a Reply