Kelinci Melahirkan : Ciri-Ciri, Proses dan Cara Merawatnya

Semua orang setuju jika kelinci mejadi hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. Selain lucu, manfaat kelinci juga tidak boleh diremehkan. Misalnya bulunya yang dapat dijadikan wool, serta dagingnya yang lembut banyak dimanfaatkan oleh sebagian ahli masak untuk menghasilkan cita rasa tersendiri. Agar dapat dimanfaatkan dan dipelihara, maka seekor kelinci butuh pemeliharaan yang baik sejak peertama dilahirkan hingga dewasa. Seperti yang kita tahu, kelinci memiliki daya reproduksi tinggi. Bahkan dalam satu tahun, kelinci melahirkan sebanyak 5-6 kali dengan 5-15 total anak pada setiap kelahiran. Pada artikel ini akan dibahas ciri-ciri kelinci yang mengalami kehamilan dan akan dibahas pula apa saja yang menjadi tanda kelinci yang akan melahirkan.

Kelinci Melahirkan

kelinci melahirkan
Gambar kelinci melahirkan di kandang

Kelinci melahirkan? Ya, karena kelinci termasuk hewan mamalia yang mana berkembang biak dengan cara melahirkan, dan hewan ini juga menyusui. Karna hal ini sudah terbiasa bagi kalian yang memelihara hewan peliharaan pastinya sangat senang jika hewan kesayangan kamu bertambah banyak. Yuk, baca selengkapnya dibawah ini .

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Umumnya, proses kehamilan kelinci terjadi 7 hari pasca perkawinan berlangsung. Karena memang membutuhkan waktu 7 hari agar dapat menyemayamkan janin dalam rahim induk. Namun masa kehamilan itu pun sebenarnya belum dapat dipastikan pada hari ke-7 sebab ciri-cirinya belum jelas terlihat. Oleh karenanya, dibutuhkan satu minggu lagi untuk dapat memastikan kelinci Anda memang benar hamil atau tidak. Adapun di bawah ini beberapa ciri kelinci sedang mengalami kehamilan :

  1. Kelinci yang sedang hamil cenderung galak dan menghindar pada kelinci jantan yang mendekatinya. Dirinya akan membuat pertahanan diri serta menolak jika dikawinkan. Oleh karena itu, perlu adanya pemisahan antara kelinci jantan dan betina yang sedang hamil agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinnginkan.
  2. Ditemukannya tanda-tanda kemerahan pada mulut betina yang sedang hamil.
  3. Karena sifat kelinci hamil dominan agresif, maka banyak peternak yang akan membuatkan kandang khusus periapan melahirkan. Umumnya betina yang sedang hamil mengalami keresahan bahkan dapat merusak kandangnya sendiri. Disarankan untuk pembuatan kendang secara terpisah dilakukan setelah hari ke-20 kehamilan mengingat usia kehamilan kelinci yang hanya 29-34 hari.
  4. Kelinci hamil cenderung mengalami peningkata nafsu makan. Pastikan pemberian asupan makanan untuk kelinci hamil tercukupi. Jangan sampai terjadi kekurangan persediaan makan, karena dapat berdampak pada kesehatan anak-anak kelak serta kualitas susu induk nantinya. Kelinci juga dapat menjadi kanibal bagi anak-anaknya jika kebutuhan makannya tidak tercukupi dengan baik.
  5. Perut kelinci yang semakin membuncit terutama menginjak usia 17 hari.
  6. Pada usia 23 sampai 29 hari akan terlihat kelinci yang semakin gusar dan adanya kemerahan pada hidung. Hal ini terjadi karena kelinci mulai menyadari akan kelahirannya.

Mengingat usia kehamilan kelinci yang hanya sekitar satu bulan, maka beberapa hari sebelum kelinci melahirkan Anda perlu mempersiapkan kandang khusus untuk proses persalinan yang nyaman. Bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari sebelum merawat anak kelinci serta induknya yang melahirkan. Seperti memperbanyak membaca buku atau artikel panduan tentang perawatan kelinci, resep-resep makanan yang harus dipersiapkan untuk memelihara kelinci, hingga video-video yang berkaitan dengan kelinci. Bahkan video kelinci melahirkan diperlukan bagi Anda yang penasaran tentang bagaimana proses kelinci dilahirkan.

Ciri Kelinci Akan Melahirkan

  1. Bulu betina yang akan melahirkan cenderung rontok .
  2. Anda akan sering menemukan kelinci gelisah mendekati hari kelahirannya. Kelinci biasanya menggali-gali tanah atau bahkan dapat merusak kandangnya demi mempersiapkan kelahirannya. Kelinci merasa membuthkan tempat baru dan nyaman untuknya dan anak-anaknya kelak.
  3. Kelinci yang berubah galak dan agresif. Hal ini dilakukan untuk sekadar upaya perlindungan dirinya dan anak-anak yang sedang dikandungnya.

Demikian beberapa ciri-ciri kelinci yang sedang hamil dan melahirkan. Kelinci hamil pun memerlukan perhatian khusus, oleh karenanya Anda sebagai pemelihara diharapkan dapat memberi yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    kelinci melahirkan berapa anak, proses kelinci melahirkan, kelinci rambon adalah, jual kelinci banyuwangi, kelinci ham, bulu kelinci berbahaya, beli kelinci ND, kelinci melahirkan di kandang, ciri ciri kelinci sudah melahirkan, cara memandikan kelinci kecil dengan benar

Tags: