Kelinci Australia : Perawatan, Harga dan Cara Ternaknya

Identik dengan bulu tebal dan halus serta memiliki telinga yang panjang, sejak dulu kelinci menjadi hewan yang banyak sekali digemari terutama oleh anak–anak karena bentuknya yang lucu dan sangat menggemaskan. Bahkan tidak hanya satu dua, jenis kelinci pun sangat beragam. Mulai dari anggora, kelinci lokal, kelinci Australia, dan masih banyak lagi. Selain itu, kelinci Australia memiliki banyak manfaat sehingga tidak sedikit para peternak mengalihkan bisnisnya pada hewan satu ini. Kali ini artikel saya akan membahas sedikit tentang bagaimana tips dan cara ternak kelinci Australia.

Kelinci Australia

kelinci australiaKelinci Australia atau Australian Rabbit identik dengan bobotnya yang besar bahkan dapat terus tumbuh hingga beratnya mencapai 7 kg. Oleh karena bobotnya yang lumayan besar dan rasa dagingnya yang lezat, tidak sedikit masyarakat membudidayakannya sebagai kelinci potong, walau masih ada kelinci lokal yang harganya jauh lebih murah. Selain itu daging kelinci Australia memiliki kualitas tinggi dan berkadar lemak rendah, hal itu seolah menjadi berita baik bagi para penyantap makanan berkadar lemak rendah. Pada dasarnya, beternak kelinci Australia tidaklah sulit karena untuk pakan kelinci ini sangat mudah didapatkan. Lalu bagaimana sebenarnya cara beternak kelinci Australia?

Tahapan Ternak Kelinci Australia

  1. Pemilihan Lahan atau Lokasi yang baik dan Tepat
    Hal pertama yang dilakukan sebelum Anda memulai ternak Kelinci Australia yakni dengan pemilihan lokasi kandang yang tepat. Pilihlah lokasi kendang yang dekat dengan aliran sungai serta rerumputan dan terbebas dari lingkungan yang tercemar serta memiliki suhu yang ideal, berkisar antara 15 hingga 25 derajat Cecius. Diusahakan kawasan ternak jauh dari jangkauan hewan peliharaan lain seperti anjing dan kucing dan hewan yang dianggap dapat mengganggu kelangsungan hidup dari Kelinci Australia. Pilih tempat ternak yang dekat dengan rumah Anda, dengan begitu pemantauan akan lebih mudah diklakukan. Buatlah kendang seaman dan senyaman mungkin karena wakau bagaimanapun kandang merupakan tempat utama kelinci dalam melangsungkan hidupnya.
  1. Pemilhan Bibit Kelinci yang Baik dan Sehat
    Memilih bibit haruslah tepat agar dapat menghasilkan banyak keturunan kelinci dalam jumlah yang banyak dan sehat. Memilih bibit dari indukan kelinci Australia yang dapat dan biasa melahirkan banyak anak, hal ini bertujuan agar keturunan yang didapat pun diharapkan dapat melahirkan banyak anakan sama seperti induknya. Dalam memilih bibit lihatlah jumlah puting susu induk, apakah lengkap berjumlah 8 buah atau tidak. Kelinci yang sehat dan normal memiliki 8 buah puting susus.
    Kondisi fisik yang sehat, normal, tidak cacat, bulu bersih, mata bersinar juga menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan bibit. Ketika memilih bibit sangat disarankan untuk memilih bibit dengan jenis kelamin betina, semakin banyak betina semakin banyak kelak anak yang dilahiran dan akan semain banyak pula keuntungan yang akan didapat.
  1. Pemberian Pakan
    Pemberian pakan untuk kelinci Australia dapat dikatakan berbeda dengan cara pemberian akan kelinci lokal. Berilah pakan dengan nutrisi yang tinggi. Pemberian makanan dapat berupa sayuran sepeerti wortel, daun bayam, kangkung, daun lamtoro, dan rumput yang disediakan dalam jumlah banyak agar kelinci dapat berkembang dengan baik. Namun tetap harus mengikuti jadwal pagi, siang, dan malam dengan porsi sesuai bobot dan usia kelinci. Pemberian makanan tambahan seperti konsentrat juga diperlukan secara bertahap. Siapkan 50 gram konsenrat dalam sehari untuk kelinci yang sedang berada dalam masa pertumbuhan atau pembesaran. 70 gram untuk indukan kelinci yang sedang hamil, 150 gram hingga 200 gram untuk indukan yang sedang dalam masa menyusui.
  1. Proses Kawin atau Reproduksi
    Kelinci Australia baru dapat dikawinkan setelah masuk umur 5 – 6 bulan atau dianggap dewasa sehingga diharapkan dapat bereproduksi dengan baik. Waktu ideal untuk melangsungkan proses perkawinan yakni pada saat sore hari atau pagi hari. Satu induk pejantan dapat dikawinkan dengan 10 ekor induk betina. Caranya dengan memasukkan induk betina ke dalam kendang induk jantan. Proses pengawinan dapat dilakukan kembali setelah 7 – 10 hari induk melahirkan anaknya.

Makin baik cara Anda merawat kelinci Anda, akan semakin baik pula keuntungan yang akan didapat mengingat betapa menguntungkannya bisnis ternak kelinci Australia. Demikian artikel informasi tentang kelinci dari Australia, semoga dapat bermanfaat. Good luck!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara merawat kelinci dengan benar dan sehat, perawatan bayi kelinci yang baru lahir, kelinci kecil kelinci kecil, jual kelinci hias 2017, turotial mem uat kandang kelinci sederhana, harga jual beli kelinci, ciri ciri bayi kelinci holland lop, cara merawat kelinci mini lop, harga kelinci di jatinegara 2017, perawatan kelinci australia yg akan melahirkan

Tags: