Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf

Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf – Iya masih banyak orang yang belum mengenal kelinci Netherland Dwarf ini, karena memang peternak jenis kelinci mini belum begitu banyak dan cenderung mahal harganya. Ada 3 jenis kelinci mini yaitu kelinci polish, kelinci netherland dwarf, dan dwarf hotot. Dari ke 3 jenis kelinci mini tadi, hanya 2 yang beredar di Indonesia, yaitu netherland dwarf dan dwarf hotot. Kali ini kelincipedia.com akan membahas kelinci mini netherland dwarf.

Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf
Gambar Kelinci Mini Netherland Dwarf Warna Coklat

Ciri-Ciri Kelinci Netherland Dwarf

Dari Kelinci Netherland Dwarf memang tidak ada bedanya dengan kelinci pada umumnya, selain dari bentuknya yang cuma sebesar anak kucing. Kelinci Netherland Dwarf non Brood Quality yang artinya jenis kelinci mini kualitar peliharaan yang bukan kualitas bagus untuk show.

Namun perbedaanya yang paling mencolong yaitu berada di telinga, kelinci netherland dwarf kualitas brood telinganya memiliki ukuran maksimal cuma 2 cm. Sedangkan untuk kelinci kualitas peliharaan pada umumnya ukuran maksimal telinganya lebih dari 2 cm.

Jenis Kelinci Mini Dwarf Hotot
Gambar Jenis Kelinci Mini Dwarf Hotot Bermata Hitam

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Ketika Membeli Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf

  1. Baik jenis kelinci mini netherland dwarf ataupun kelinci dwarf hotot belum bisa diperdagangkan secara bebas di pasaran, mau tidak mau harus mencari di rabbitry atau peternakan kelinci.
  2. Membeli jenis kelinci mini harus di atas umur 5 bulan. Karena jenis kelinci mini netherland dwarf di umur 5 bulan sudah terlihat bentuk aslinya.
  3. Ketika kamu membeli kelinci mini netherland dwarf, perhatikan telinganya karena salah satu faktor utama yang menentukan itu asli breed atau bukan bisa dilihat dengan jelas pada telinganya.

Kelinci mini netherland dwarf dan dwarf hotot maksimal panjang telinganya hanya 3 cm serta di bawah 3 cm bisa dibilang kualitas brood atau show. Kalau ukuran badan kelinci mini netherland dward sulit dijadikan patokan karena memang sudah banyak kelinci mini palsu yang sudah dikawinkan silang dengan ukuran tubuh yang mirip sekali pure breed.

Karakteristik Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf (Cenderung Liar)

Hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu membeli kelinci mini yang harganya super mahal ini, sebaiknya kamu memperhatikan penjelasan kelincipedia.com ini.

Jenis kelinci mini Netherland Dwarf ini cenderung liar serta sangat sulit bonding (susah dijinakan). Kedua Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf dan Dwarf hotot ini murni hasil karya manusia dari silangan berbagai jenis selama 19 tahun enyempurnaan. Kamu harus tahu kalau 1 species bukan hasil murni alam pasti ada efek sampingnya.

Jenis kelinci mini Netherland Dwarf ini juga cekatan serta gesit lho, Dalam sehari kelinci ini bisa keliling ruangan ratusan kali. Jadi kalau kamu hanya mikir kelinci mini bisa hemat ruang dan tinggal di taruh dalam kandang sama sekali salah! Netherland Dwaf tidak bisa ditaruh di dalam kandang karena memang sifat kelinci mini ini cenderung liar, kelinci ini bakal muter-muter cepet banget sampe kamu pusing liatnya.

Bahaya Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf

Jenis Kelinci Mini Netherland dengan sifat yang liar dan memang bukan jenis kelinci yang cocok untuk anak-anak. Semua referensi memberitahukan kalau kelinci netherland dwarf hanya untuk orang dewasa. Sifat dari kelinci netherland dwarf tidak bisa dikompromikan dengan anak-anak yang selalu pengen peluk dan angkat, yang ada kelinci ini bisa stres berat dan mati dalam sekejap. Ukuran jenis kelinci mini ini hanya sebesar anak kucing, dan kelinci mini yang dipelihara anak-anak jadi banyak yang mati karena rapuh.

Ukuran kelinci yang mini ini juga memberikan bahaya yang lain untuk kalian yang ingin memeliharanya, karena dalam sekejap bisa hilang tidak terditeksi. Belum lagi jenis kelinci mini ini inceran utama predator seperti kucing jadi membiarkan kelinci mini ini di luar ruangan sama dengan bunuh diri.

Cara Pelihara Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf

Tidak ada yang berbeda dengan kelinci biasa soal pakan kelinci, tetap dikasih pelet dengan ukuran yang kecil serta hay. Ukuran mini yang berarti minim budget untuk makanan, jadi kelinci mini memang hemat biaya (murah).

Untuk kandang kelinci sendiri wajib ukuran yang besar dan aku sarankan gunakan playpen. Karena kelinci netherland dwarf cenderung sangat aktif, tetapi kalau kelinci mini dibiarkan dalam rumah bisa masuk kedalam kolong kursi, meja dan kasur.

Harga Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf

Harga kelinci mini netherland dwarf cenderung bervariatif namun, untuk pure breed tidak mungkin kurang dari harga 200 Ribu rupiah, itupun untuk anakan serta non brood quality.

Sedangkan jenis kelinci mini dwarf hotot harganya mulai dari 400 ribu karena memang kelinci dwarf hotot masih menjadi ras kelinci yang langka, dan jauh lebih sulit di dapatkan daripada kelinci mini netherland dwarf.

Jenis Kelinci Mini Netherland Dwarf Bukan Untuk dijadikan Hewan Peliharaan yang Bagus

Kelinci mini Netherland Dwarf menuru aku memang bukan jenis kelinci yang bagus kalau untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga apa lagi untuk anak kecil. Kelinci mini yang lebih cocok untuk dewasa yang berpengalaman yaitu kelinci jenis ini, jadi kalau kamu menemukan penjual kelinci yang memberitahukan bahwa kelinci mini bagus untuk anak-anak atau keluarga, kamu jangan langsung percaya, itu salah satu trik orang dagang biar dibeli dan orang berdagang bakalan bilang apapun.

Gambar Jenis Kelinci Mini Polish

Jenis kelinci mini polish, hampir tidak ada bedanya dengan kelinci mini netherland dwarf. Akan tetapi kelinci polish memiliki tubuh lebih panjang dan besar. Kelinci mini polish juga nenek moyangnya berasal dari kelinci netherland dwarf.

Sekian artikel mengenai jenis kelinci mini netherland dwarf, semoga menambah wawasan kalian, jangan lupa bagikan atau share artikel ini agar teman-teman lainya mengetahui informasi ini. Terimakasih

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    harga kelinci Netherland Dwarf, sifat kelinci netherland dwarf, jual kelinci dwarf hotot, kelinci nd, kelinci netherland dwarf, kelinci mini, netherland dwarf, jual kelinci mini, kelinci nederland, kelinci netherland

Tags: