6 Ciri-Ciri Kelinci Yang Sedang Hamil Muda

Ciri-ciri kelinci Hamil? Wuaduhh, memang si kelinci tergolong dari jenis hewan dengan tingkat produksi yang cukup tinggi. Nah, untuk itu hewan ini sangat prospektif sekali jika diternakkan. Untuk satu kali kelahiran kelinci indukan betina yang sehat, mampu melahirkan 5 sampai 15 anak kelinci lho! Dalam 1 tahun bisa saja terjadi 5 kali kelahiran.

ciri ciri kelinci sedang hamil muda
Gambar kelinci betina yang sedang hamil besar

Bagi para peternak kelinci pedaging, diwajibkan mengetahui ciri yang sedang hamil. Ini bertujuan agar kelinci hamil tersebut untuk segera dipisahkan dari indukan kelinci lainnya.

Kelinci hamil biasanya terjadi ketika memasuki hari ke 7 pasca kawinnya. Setelah kita mengawinkan kelinci jantan dan betina dalam jangka waktu 7 hari, pada umumnya janin sudah mulai tumbuh di rahim kelinci betia. Barulah tanda-tanda kelinci kita terlihat hamil setelah terdeteksi pada hari ke 14.

Ciri-Ciri Kelinci Yang Sedang Hamil

Untuk ciri-ciri kelinci hamil memang sangat banyak dan masing-masing berbeda yah! Disini dijelaskan pada umumnya, mulai dari kelinci menjadi lebih galak, suka menggali tanah, nafsu makan tinggi(mudah lapar), perut menjadi buncit, tidak mau dikawinkan lagi, serta bagian mulut kelinci betina berwarna kemerah-merahan. Simak ciri-cirinya sebagai berikut.

1. Kelinci Menjadi Galak (Sensitif)

Gambar Kelinci Galak
Gambar kelinci galak yang suka menggigit.

Kelinci betina yang sedang hamil memang menjadi lebih sensitif atau menjadi lebih galak dari biasanya lho! Perubahan karakternya cenderung lebih agresif daripada kelinci pejantan. Kalau kamu sudah mengetahuinya, segeralah kelinci betina kamu dipisahkan dari kelinci pejantan.

Baca juga : Cara Memelihara Kelinci Di Rumah

2. Suka Menggali Tanah

Gambar kelinci menggali lubang
Gambar kelinci menggali lubang untuk melahirkan anaknya.

Selain dari sifat agresifnya, ciri lain dari kelinci hamil yaitu si kelinci sering sekali merusak kandangnya dan terus menggali tanah jika dilepas di luar kandang (alam bebas), karena itu memang bentuk alamiah kelinci yang sedang mempersiapkan kelahirannya. Biasanya ia menggali untuk bersarang atau membuat rumah di bawah tanah untuk melahirkan anak-anaknya.

3. Perut Kelinci Menjadi Buncit

Gambar Kelinci Perut Buncit
Gambar perut kelinci yang buncit karena sedang hamil besar.

Jelaslah! Yang namanya lagi hamil ya perutnya membesar. Jika kamu meraba-raba perut kelinci akan terasa lebih buncit ketika usia kehamilanya mencapai 17 hari dan itu menandakan bahwa kelinci betina kamu sedang mengandung janin.

Baca juga : Pakan Alternatif Kelinci

4. Tidak Ingin Dikawinkan LAGI!!

kelinci kawin
Gambar anak kelinci yang sedang kawin.

Yaiyalah. Kelinci betina udah bunting malah mau dihamilin lagi kan gaenak jadine. Kelinci betina juga akan menggigit kelinci pejantan hingga luka “JIKA” kelinci yang sedang hamil digodai oleh kelinci pejantan yang ingin mengkawininnya.

5. Nafsu Makan Tinggi

Ciri lainya yaitu pada pola makanya yang semakin meningkat seiringnya waktu kehamilan. Untuk perkembangan pada janin kelinci yang sehat lebih baik diberikan porsi makanan lebih besar dibandingkan dengan biasanya. Untuk kelinci yang sedang hamil biasanya akan suka lapar ketika di malam hari loh!

Nafsu Makan Kelinci TinggiJika nafsu makan kelinci tidak diimbangi dengan konsumsi makan yang cukup, biasanya kelinci menjadi stress serta bisa menjadi kanibal (pemakan sesama). Jika sudah kanibal, dia akan melukai dirinya sendiri dan bahkan induk kelinci akan memakan anaknya sendiri lho! BAHAYA !! Bila kelinci juga kekurangan asupan nutrisi yang cukup, maka produksi air susu kelinci juga tidak maksimal.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan

6. Hidung dan Mulu Semakin Memerah

Ini juga ciri fisik kelinci yang sedang hamil ketia usia kehamilanya mencapai 23 hari sampai dengan 29 hari, mulut serta hidung kelinci menjadi lebih merah dari biasanya. Kamu bisa menyiapkan kandang kelinci khusus untuk memisahkan kelinci betina dan pejantan setelah hari ke 25, dan untuk memisahkannya jangan terlalu cepat! Seperti pada usia kehamilan hari ke 17 itu memang terlalu cepat. Karena usia kehamilan kelinci berkisar 30 sampai 34 hari kok!

Nah, itulah artikel mengenai ciri-ciri kelinci yang sedang hamil muda, terdapat 6 point yang bisa kamu ketahui, jika kamu mempunyai info lebih banyak silahkan tinggalkan komentar dibawah atau bisa juga kalau ada pertanyaan juga bisa berkomentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman pecinta kelinci lainnya yah! Agar tahu ciri kelinci yang sedang hamil. Sekian dan Terimakasih.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    ciri ciri kelinci hamil, forum dewasa, ciri kelinci hamil, tanda kelinci hamil, ciri ciri kelinci keguguran, nama nama kelinci dan artinya, agar kelinci cepat birahi, cara mengetahui kelinci hamil, tanda tanda kelinci hamil, mengobati telinga kelinci turun sebelah

Tags: