Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan(AMPUH!)

Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan – Yang namanya hewan pasti bakalan ada yang tidak mau makan apalagi kelinci. Kalau kamu memiliki kelinci yang mogok makan segeralah periksa agar tahu apa penyebabnya dan setelah ketemu penyebabnya apa. Kamu langsung mengobatinya! Agar kelinci lekas sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasanya.

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan
Apasi Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan?

Nahh, ini diaa pembahasan mengenai penyebabnya. Ada yang tahu apasi yang bikin kelinci jadi mogok makan? Penasaran? KelinciPedia.com menyediakan beberapa informasi mengenai penyebabnya, jangan sampai kamu ketinggalan infonya. Yuk simak artikelnya sebagai berikut :

  1. Kelinci Stres
Induk Kelinci Stres
Gambar induk kelinci yang sedang stres hingga memakan anaknya sendiri

Woy! Kelinci itu hewan, punya perasaan. Waduhh! Kelinci juga sangat rentan terhadap stres lho! Untuk itu kamu harus mencari sumber penyebab ia menjadi stres atau bete (ngambek). Kamu juga bisa mematok hewan lain seperti kucing atau anjing, nahh itu tidak jauh berbeda dengan si kelinci. Kelinci stres bisa banyak faktor contohnya : Bosan dengan makananya atau makananya kurang fresh, butuh bermain kelinci. Eh Loh kok mainan kelinci? Kelincipedia.com juga menyediakan artikelnya cara membuat mainan untuk kelinci, kamu bisa membacanya dengan seksama. Contoh lainnya sangat banyak tidak hanya bosan dengan makanan dan kurang bermain lho! Untuk itu segeralah periksa kelinci kamu.

2. Hamil Tua

Kelinci Hamil
Gambar kelinci yang sedang hamil besar

Nah ini dia, untuk hamil tua ini juga merupakan sebagian besar yang di alami oleh para kelinci. Ini adalah faktor psikologis yang membuat kelinci kamu terlihat gelisah dan terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu saja loh! Pada umumnya kelinci juga akan malas makan setelah 2 sampai dengan 3 hari melahirkan.

3. Terkena Penyakit Scabies

Kelinci Terkena Scabies
Gambar kelinci yang menderita penyakit scabies

Telolet! Penyakit ini sangat berbahaya loh, jangan sembarangan dalam menilainya. Penyakit scabies ini juga bisa membuat kelinci kamu menjadi drop. Jika penyakit ini sudah parah, seperti furmate apalagi cacingan. Wahh bisa sangat bahaya sekali, untuk mengantisipasinya kamu bisa membacanya di bawah.

4. Terkena Perut Kembung

Kelinci Terkena Perut Kembung
Gambar kelinci yang mati akibat penyakit perut kembung

Ini juga merupakan penyebab kelinci menjadi tidak mau makan. Masalah perut kembung yang bisa menyebabkan malas makan ini biasanya menyerang pada kelinci yang umurnya dibawah 3 bulan. Kenapa? Karena kelinci yang muda memiliki daya tahan tubuh yang rendah (Sudah Pasti).

5. Mencret atau Diare

Kelinci mencret
Gambar anak kelinci yang sakit mencret akibat makanan tidak sehat.

Mencret? Jelas penyakit familiar ini juga bisa menurunkan imunitas kelinci secara drastis serta nafsu makannya juga menurun secara cepat. Untuk langkah yang tepat jika terkena penyakit ini, kamu bisa membaca Cara Mengobati Kelinci Mencret

6. Bosan

Kelinci Stres
Gambar kelinci yang ingin keluar dari kandang karena bosan di kurung didalam kandang

Wahaha ini juga ada sangkut pautnya dengan point yang pertama, yaitu Setress, bosan, atau Bete (Boring). Ini ada sedikit tambahan mengenai bosan yang menjadi penyebab lain dari kelinci yang tidak mau makan. Sekarang tanya pada diri kamu sendiri, apakah kelinci kamu sering di dalam kandang? Atau dikurung? PERINGATAN! Jangan terlalu sering kelinci di kurung di dalam kandang, segeralah lepas ke halaman agar ia bisa bermain dan memakan rumput di lingkungannya. Dikurung jelas sangat membuat bosan, tidak hanya itu saja  tetapi ruang gerak kelinci terbatas serta jika disitu terus menerus akan menjadi sarang penyakit di area kandang. Apalagi jika di dalam kandang tersebut terdapat 2 pejantan dan 1 indukan, wahh kelinci itu bisa berantem dan saling menggigit hingga bulunya rontok.

Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan

Untuk cara mengatasi dari penyebab-penyebab yang sudah di bahas diatas. Kamu bisa menyimak caranya di bawah ini. Semoga dengan cara ini kelinci kamu lekas sembuh! Dan menambah wawasan kalian dalam memelihara kelinci.

1. Mengganti makananya

Hal pertama yang dilakukan yaitu dengan mengganti makannya yang baru atau jenis yang lain. Semisal kelinci kamu terbiasa memakan kangkung bekasan atau yang tidak fresh, cobalah kamu memberinya yang fresh agar kelinci kamu mau makan. Tapi perlu diingat bahwa mengganti makan kelinci juga harus secara bertahap (perlahan) dengan cara memberikan pakan lama sekitar 75% dan mencampurkannya dengan 25% pakan yang baru, itu dilakukan selama 1-3 hari. Kemudian di hari selanjutnya atau di hari ke 4 kamu memberikan 50% pakan lama dan 50% pakan yang baru di hari ke 4 dan 5. Setelah itu, di hari ke 6 dan ke 7 berikan 75% pakan yang lama dan 25% pakan yang baru. Jika sudah, maka di hari ke 8, 9 dan 10 berikan 100% pakan kelinci yang baru.

2. Menyemprot

Wah, maksudnya gimana nih? Maksudnya begini, ini merupakan cara memancing nafsu makan kelinci dengan cara menyemprot pakan hijauan baru dengan cairan yang manis, contohnya madu, susu atau sedikit gula. Eits! Tunggu dulu! Cara ini juga bisa mengundang semut lohh! Maka dari itu kamu menyemprotnya jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja (Seperlunya) dan jika sudah habis makan semprotkan lagi secara bertahap.

3. Berikan OBAT

Nah, jika kelinci kamu terjangkit penyakit seperti yang sudah di sebutkan dalam penyebab-penyebabnya seperti scabies.dll. Maka kelinci harus segera diobati dengan menyuntik Vitamin B12, Antibiotik Indogen dan Vitamin B Complek. Karena ini bisa mengobati kelinci kamu yang sedang sakit. Dalam fase penyembuhkan dianjurkan menyuapi kelinci kesayangan kamu dengan susu agar kelinci kamu bertenaga (kuat) dan menambah cairan di dalam tubuhnya.

4. Melumatkan Makanan Kelinci

Tidak hanya dilumatkan tetapi juga di suapi, cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi kelinci hamil tua yang tidak mau makan. Sangat mudah untuk dipraktekan di dalam rumah lho! Dan ini AMPUH!

5. Kurangi Pakan PADAT

Kurangi pakan yang padat dan beberapa jenis sayuran seperti kangkung, kol, sawi, dan sejenisnya. Karena pakan yang padat membuat kelinci kamu yang berumur dibawah 3 bulan terkena perut kembung lho! Jadi untuk pemberian makanan anak kelinci harus ekstra hati-hati dan tidak boleh sembarangan dalam pemberian makananya.

6. Kesterilan Pakan

Ini sangat penting untuk kelinci kamu, sangat diwajibkan kamu sebagai pemilik kelinci memberikan pakan yang steril agar pakan kelinci terhindar dari penyakit dan tidak bikin kelinci kamu jadi diare atau mencret! Beralihlah dengan pakan yang alami, contohnya daun pepaya dan daun pisang. Selain itu, kamu juga bisa membuat ramuan tradisional yang terbuat dari jahe dan gula merah. Gimana caranya? Kamu cukup menumbuk jahe kemudian campurkan dengan gula merah, lalu rebus dengan air, saring, dan minumkan pada kelinci kamu.

Nah, itulah artikel cara mengatasi kelinci tidak mau makan, semoga cara ini bermanfaat bagi temen-temen pecinta kelinci. Kalau ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, dan jika ada yang ingin menambahkannya juga bisa berkomentar. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman lainnya ya agar tahu informasi penting ini. Sekian dan Terimakasih.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara mengatasi kelinci mencret, tanda tanda kelinci mau mati, obat tradisional scabies pada kelinci, penyebab kelinci keguguran, manfaat gula merah buat kelinci, cara mengatasi kelinci, cara mengobati kelinci sakit, cara alami menambah nafsu makan kelinci, kelinci baru beli tidak mau makan, kelinci ga nafsu makan kenapa ya

Tags: