All for Joomla All for Webmasters

28 Cara Memelihara Kelinci Di Rumah

Cara memelihara kelinci di rumah itu gampang-gampang susah loh! Apalagi dirumah kamu yang memang banyak melakukan aktivitas. Tahu gak si kalau kelinci mempunyai kepribadian yang menakjubkan? Tidak hanya itu saja tetapi juga mudah beradaptasi degan gaya hidup di rumah, bahkan menyesuaikan diri dengan baik jika tinggal di apartemen kamu.

Agar kelinci tetap sehat dan bahagia, kelinci kamu memerlukan beberapa perawatan yang khusus, mulai dari makananya, kandang yang hangat dan nyaman, serta waktu untuk si kelinci berlarian dan melompat sesuka hatinya!

Cara Memelihara Kelinci Di Rumah

Cara Memelihara Kelinci Di Rumah

Nahh, dalam artikel ini yang mana cara merawat kelinci di rumah itu hanya terdapat 4 point saja, tetapi jika dijabarkan satu-persatu akan menjadi sangat banyak dalam pembahasan kali ini. Point-pointnya yaitu :

  • Membuat Tempat Tinggal Kelinci
  • Memberikan Makanan, Camilan, dan Minuman
  • Waktu Luang Untuk Berolahraga dan Bermain
  • Menjaga Kelinci Agar Tetap Sehat

Hmm, apa yang kamu pikirkan dalam ke 4 point-point tersebut? Sudah ada bayangan? Baik, mari kita bahas satu-persatu berikut ini.

  1. Membuat Tempat Tinggal Kelinci
    1. Untuk tempat tinggal si kelinci kamu bisa membelinya dengan ukuran yang susai. Biasanya untuk kandang kelinci memiliki ukuran rata-rata dari 3,6 kg atau lebih untuk beratnya. Panjangnya 1,2 meter, lebar 0,6 meter, dan tingginya 0,6 meter. Kenapa minimal segitu? Agar kelinci bia berbaring dan meregangkan diri dengan nyaman serta ruang kosong bisa diisi dengan tempat makanan dan air, serta kotak kotoran kelinci (Litter Box).
    2. Dalam pemilihan jenis kandang kita harus teliti loh agar kandangnya sesuai dengan kebutuhan si kelinci. Ciri-ciri kandang kelinci yang bagus yaitu dengan memiliki alas yang solid(datar, tebal dan halus seperti papan) dan sisinya terbuat dari kawat yang khusus untuk kelinci agar bulunya tidak rontok akibat tersangkut oleh kawat yang tidak rapih (berantakan).
    3. Isilah kandang kelinci dengan jerami atau lembaran kayu, misalnya seperti dari pohon pinus. Kamu juga bisa memberikan alas tidur untuk kelinci yang terbuat dari bubur kayu daur ulang dan itu memang khusus untuk si kelinci lho! Karena kelinci memang sangat suka membuat sarang yang nyaman.
    4. Taruhlah kandang ditempat yang memang aman bagi kelinci. Aman seperti apa? Yang jelas terhindar dari listrik, pernah-pernik kecil yang bisa membahayakan serta perabotan rumah yang mahal dari ruangan juga hindarilah bahan kimia atau tanaman yang bisa membahayakan si kelinci di dalam ruangan.
    5. Menyediakan kotak kotoran (Litter Box) untuk si kelinci. Taruhlah kotak kotoran ini di bagian-bagian pojok ruangan kamu, karena si kelinci suka ke pojok-pojok atau pinggiran untuk buang air kecil dan buang air besar. Jangan lupa berikan lembaran koran lalu isi dengan jerami dan taruhlah di bagian ruangan yang sering disinggahi kelinci.
    6. Memberikan tempat untuk persembunyian di dalam kelinci karena si kelinci memang suka bersembunyi dari hewan pemangsa, jadi lebih baik kamu memberikan tempat persembunyian dengan kayu atau kardus. Berikan ruang persembunyian kelinci yang cukup luas ya! Agar bisa muat kelinci banyak.
    7. Membuat mainan untuk kelinci dari kardus. Kenapa kardus? Karena kardus sangat mudah didapatkan dan fungsi lain dari kardus yaitu untuk bersembunyi dan mengunyahnya. Kelinci sangat suka mengunyah, dan menggigit-gigit kayu agar gigi mereka sehat dan tajam. Hati-hati jangan sampai tangan kamu digigit gigi kelinci loh! Bisa-bisa tangan kamu luka hingga keluar darahnya banyak. Alasan diberikannya kardus yaitu sebagai camilan, kalau tidak maka perabotan atau barang-barang lainnya yang tergeletak disekitar kelinci akan di kunyah habis-habisan olehnya.
  2. Menyediakan Makanan, Minuman, dan Camilan

    Kelinci Makan Rumput

    Gambar kelinci sedang memakan rumput.

    1. Kamu bisa memberikannya banyak rumput jerami yang memang ini adalah komponen utama dalam pola makan kelinci, dan ini harus tersedia setiap saat. Untuk rumput jenis Timothy, oat dan brome adalah pilihan yang terbaik untuk kelinci. Kamu bisa meletakannya di dalam kandang yang bagianya bersih.
    2. Selain memberikan jerami, kamu juga bisa memberikan banyak sayuran , karena kelinci terkenal sangat menyukai wortel dan kamu harus tahu bahwa tidak boleh memberikan banyak wortel kepada kelinci. Kenapa? Karena memang wortel sangat banyak sekali mengandung gula. Sebelum memberikannya kamu harus mencuci semua sayuranya dan kalau bisa berikan sayuran organik. Ini agar steril dan kelinci kamu terhindar dari penyakit diare atau mencret

      Baca juga : Cara Mengobati Kelinci Mencret

    3. Jauhkan kelinci dari makanan yang tidak menyehatkan. Kenapa? Karena tidak semua sayuran itu bagus, ada sebagian dari sayur yang tidak baik untuk kelinci, contohnya jagung, selada, tomat, kubis, kacang polong, kentang, dan bawang serta jauhi kelinci agar tidak memakan bambu, biji-bijian, butiran, dan daging jenis apapun itu.
    4. Berikan si kelinci air bersih yang banyak, kamu bisa menaruhnya di mangkuk atau botol yang biasa digunakan untuk minuman hamster, namun ukuranya disesuaikan untuk kelinci ya! Dan jangan lupa mengganti air minumnya setiap hari agar tetap sehat, eits!! Jangan lupa juga membersihkan tempat minumnya yah! Agar tidak terkontaminasi.
  3. Waktu Luang Untuk Berolahraga dan Bermain

    Mainan Untuk Kelinci

    Macam-macam mainan untuk kelinci

    1. Kamu bisa mengenalkan kelinci kamu dengan mainan khusus untuk kelinci dengan perlahan, jika ini untuk yang pertama kali bagi kelinci kamu, kamu bisa membiarkanya di kandang atau di sarangnya agar terbiasa tetapi jangan langsung menaruh didekatnya, karena kelinci belum tentu benar-benar menetap dan tidak benar-benar mengenal atau mempercayai kamu sebagai pemiliknya.
    2. Biarkan untuk membiarkan kelinci di luar kandang beberapa jam, biasanya si 6 sampai 8 jam (terkadang). Kenapa di biarkan? Ya, karena kelinci memang harus melompat dan berlari-lari setiap hari aga tetap sehat dan itu bisa dilakukan beberapa jam setiap harinya. Pastikan kamu mengawasinya yah! Jangan sampai kelinci kamu jadi bahan incaran predator lainnya.
    3. Berikan kelinci kamu mainan, karena kelinci sangat suka mengunyah kotak kardus serta kertas-kertas yang intinya bahan dasarnya terbuat dari kayu. Kamu juga bisa melemparkan bola atau boneka mainan ke kelinci loh! Masih bingung mau kasih apa? Kamu bisa mencoba cara membuat mainan untuk kelinci.
    4. Jika kamu sedang menggendong atau memegang kelinci, kamu harus ekstra hati-hati karena tubuh kelinci memang rentan dan harus diperlakukan dengan baik. Kamu bisa melakukannya dengan cara meletakkan tangan kamu di bagian belakang dan depan tubuhnyda lalu gendong kelinci kesayangan kamu dengan tubuhmu layaknya menggendong bayi manusia dan jangan sekali-kali mengangkat kelinci dengan menggunakan telinganya. Karena telinga kelinci sangat banyaknya saraf, sehingga itu bisa membahayakan kelinci kamu.
    5. Kamu bisa memelihara kelinci jenis yang lain untuk teman kelinci kamu agar dapat bersosial atau bermain bersama kelinci satu dengan kelinci yang lainnya. Cukup sepasang, itu tidak menyulitkan bagi kamu kan? Pastikan jangan sejenis yah! Jika sejenis(Pejantan dan Pejantan) akan berantem, kalau sesama betina si tidak masalah.
    6. Kalau kamu sedang mengenalkan kelinci satu dengan kelinci lain, jangan sekali-kali kamu mencampurkanya secara langsung. Bisa berakibat fatal lho! Kamu bisa melakukannya dengan bertahap.
  4. Menjaga Kelinci Agar Tetap Sehat

    Ciri Ciri Kelinci Sehat

    Gambar kriteria kelinci yang sehat. (Ciri-Cirinya)

    1. Membersihkan kandang kelinci setiap minggu adalah kewajiban kamu sebagai pemilik kelinci. Jelas lah mana ada hewan peliharaan yang menyukai di tempat-tempat yang kotor? Memang tidak ada, kamu bisa membersihkan kandang kelinci dengan air hangat, air sabun, kemudian bilas hingga bersih, dan biarkan kendang kelinci kering.
    2. Jagalah suhu kelinci agar tetap optimal, biasanya temperatur normal untuk kelinci yaitu sekitar 15- 21 Celcius. Jika kelinci kamu sedang berada di luar ruangan, pastikan kelinci kamu tidak kepanasan yah! Dan sediakan air minum untuk mencegah kelinci dehidrasi.
    3. Jangan lupa kamu untuk menyikat bulu kelinci yah! Sangat tidak dianjurkan untuk memandikan kelinci, lebih baik menyikat bulunya setiap 1-2 hari sekali. Kalau ada 2 kelinci atau lebih, mereka juga bisa saling membersihkan bulunya satu sama lain.
    4. Memeriksa kelinci ke dokter hewan paling tidak 1 tahun sekali, untuk memastikan bahwakelinci kamu sehat dan terbebas dari penyakit.

Tips Memelihara Kelinci

Tips Memelihara Kelinci

7 Tips dalam memelihara kelinci

Selain memberikan 4 point cara merawat kelinci, Kelincipedia.com juga memberikan beberapa tips memelihara kelinci dirumah lho! Tips ini mungkin akan sangat berguna bagi kamu yang sedang memelihara kelinci dirumah.

  1. Kamu bisa membielikan pelindung dan tali kekang untuk mengajak kelinci kamu berjalan-jalan
  2. Kamu bisa membeli buku-buku seputar informasi tentang kelinci atau kamu bisa membaca-baca artikel tentang kelinci di kelincipedia.com untuk menambah wawasan kamu.
  3. Selalu memperlakukan kelinci kamu dengan baik seperti kelinci adalah bagian dari keluarga kamu.
  4. Memotong kuku kelinci setiap 1-2 bulan sekali, ini tergantung aktivitas dan lokasi ia tinggal.
  5. Jauhkanlah kelinci dari kucing dan anjing di area rumah kamu dan area kelinci.
  6. Jika kamu membeli kelinci, pastikan kamu memilih kelinci yang terlihat sehat. Kamu bisa memeriksanya mulai dari mata, telinga dan hidung. Semua ini harus bersih dari kotoran dan untuk gigi depanya harus rata serta bulunya bersih. Untuk kulit di bagian bawah kaki harus bebas dari kerusakan (bulu menggumpal) atau kemerahan. Ambil dan peliharalah anak kelinci yang baru, agar kamu tahu proses pemeliharaan kelinci dengan baik dan benar.
  7. Kamu juga bisa melatihnya dengan cara memanggil namanya agar kelinci kamu terbiasa dan pasti akan mendekat layaknya kamu memanggil kucing untuk mendekat.

Peringatan

  • Kelinci bisa menggigit dan mencakar loh! Jika kamu sampai terkenanya kamu akan sangat terluka, segeralah berobat kedokter. Jika lukanya tidak parah, kamu bisa mengobati sendiri tanpa harus pergi ke dokter
  • Beragam sifat kelinci, ada yang suka melompat-lompat, malas, dan seimbang (tidak aktif dan tidak malas). Jangan coba-coba untuk memaksa kelinci kamu untuk bermain jika kelinci kamu tidak ingin bermain
  • Jangan berikan obat kutu pada kelinci ya! Lebih baik meminta saran dari dokter hewan mengenai bagaimana cara mengatasi kelinci terkena kutu.
  • Pastikan area bermain kelinci kamu AMAN! Karena bisa-bisa saja kelinci kamu terjempit di area yang sangat sempit dan jika kamu kesulitan untuk menangkap kelinci kamu yang sedang berlari dan berlompat. Pastikan predator kelinci tidak bisa masuk seperti anjing, kucing, dan lain sebagainya.

Hal Yang Kamu Butuhkan

  1. Kandang yang besar dengan alas yang kuat
  2. Kertas koran
  3. lembaran kayu
  4. Jerami Timothy atau alfalfa
  5. Sayur-sayuran yang berdaun segar
  6. Makanan kelinci
  7. Mainan kelinci untuk dikunyah
  8. Kandang lain untuk bersembunyi
  9. Kotak kotoran (Litter Box)
  10. Botol minum atau tempat minum
  11. Camilan kelinci
  12. Sikat kelinci untuk membersihkan dan menghaluskan bulu kelinci.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai cara merawat atau memelihara kelinci di rumah. Cara ini bersifat umum lho! Tidak hanya di rumah saja, tetapi bisa untuk di luar rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kelinci lainnya agar tahu informasi penting ini. Sekian dan Terimakasih!

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    cara merawat kelinci, cara memelihara kelinci, memelihara kelinci, perawatan kelinci, harga kelinci lokal, kelinci hamil palsu, merawat kelinci, cara pelihara kelinci, cara membersihkan kaki kelinci yang kotor, ciri kelinci lokal

Leave a Reply