Info 20 Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar...

20 Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar

Thursday, December 29th, 2016 - Perawatan Kelinci
cara memandikan kelinci

Gambar kelinci yang sedang mandi di bak

Cara memandikan kelinci – Karena kelinci memang tidak bisa memandikan dengan cara yang sembarangan, ada

beberapa faktor yang bisa membuat kelinci mati yaitu salah satunya mandi. Kelinci juga termasuk hewan yang membersihkan dirinya sendiri lho! Jangan hanya mengandalkan itu saja, jelas kelinci harus dibersihkan, oleh karena itu paling tidak kita memandikan 6 bulan sekali.

Untuk anak kelinci, kamu jangan berani coba-coba untuk memandikannya yah! Karena anak kelinci bisa mati. Kalau ingin memandikan kelinci, minimal umurnya 5 bulan keatas untuk jenis kelinci hias. Kalo untuk jenis kelinci lokal yang sudah berumur 3-4 bulan boleh dimandikan. Ingat! Bahwa kelinci yang bisa dimandikan minimal berusia 6 bulan ya!

Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik dan Benar

  1. Menyiapkan Perlengkapan
    Perlengkapan Mandi Kelinci
    Gunting, Sisir, Shampoo, Cotton Buds, Baby Oil, Cologne Baby, Handuk, adalah perlengkapan mandi kelinci
    Sebelum kamu memandikan kelinci, kamu harus menyiapkan segala sesuatunya untuk memandikan kelinci. Jangan sekali-kali untuk mencoba dadakan dalam menyiapkan perlengkapannya. Untuk perlengkapan mandinya berupa : bak mandi, alas untuk menyabuni kelinci, beberapa handuk yang bersih dan kering, sisir untuk kelinci, bedak, hairdryer (WAJIB!) Kenapa wajib? Ya, agar kelinci tidak kedinginan, karena kelinci lebih susah mengeringkan bulunya sendiri. Sangat berbeda dengan kucing yah!
  2. Air Hangat
    Tuangkan air hangat kedalam bak, paling tidak  1/4 nya. Kalau memandikan kelinci di wastafel juga bisa kok!
  3. Memasukan Kelinci Dengan Perlahan
    Perlu diingat bahwa untuk memasukan kelinci kedalam bak mandi harus perlahan agar si kelinci bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan bak mandi atau airnya serta untuk mencegah carakannya ke tubuh kita, baik itu muka, dan lainnya ketika ia berontak atau marah.

    Baca juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Kelinci

  4. Menyiram Kelinci
    Untuk melakukan penyiraman, bisa kamu lakukan secara perlahan dengan menggunakan air hangat. Lakukan penyiraman mulai dari belakang lalu kedepan. Perlu diingat bahwa saat menyiram kelinci, air tidak boleh masuk ke telinga kelinci. Kamu bisa menutup telinga kelinci menggunakan kapas, agar tidak kemasukan air.
  5. Memijat dan Menggosokan
    Pijatlah rambut kelinci dan gosokan secara merata dengan menggunakan jari tangan. Cara ini agar air hangat bisa masuk kedalam kulitnya. Karena jika tidak dipijat maka airnya hanya melewati bulunya dan pastinya tidak akan sampai menyentuh kulit tubuhnya.
  6. Berikanlah Shampoo
    Gambar Shampoo KelinciUntuk shampoonya kamu bisa menggunakan shampoo bayi agar tidak perih di mata kelinci, tidak hanya itu saja lho! Kamu juga bisa memberikan shampoo kitten (anak kelinci) karena shampoo ini tidak berbahaya serta membuat bulunya menjadi bersih dan lebat!
  7. Pijat Secara Perlahan
    Pada point ke 7, untuk memijat kelinci saat menggunakan shampoo agar benar-benar shampoonya merata ke seluruh tubuh kelinci serta bisa meregangkan otot-otot kelinci pada tubuhnya, dan juga merontokan bulu yang sudah mati. Kaya terapi gitu!

    Baca juga : Cara Memelihara Kelinci Di Rumah

  8. Bersihkan Pada Bagian Yang Sulit Di Jangkau
    Kamu wajib membersihkan bagian tubuh kelinci yang susah di jangkau dan di bagian yang sangat mudah terkena kotoran. Contohnya pada bagian luar telinga dan dalam telinga, bagian sekitar anus serta telapak kaki. Jangan lupa di bagian sela-sela tangan atau kakinya juga dibersihkan. Kemudian sikatlah kuku kelincinya agar lebih bersih serta terhindar dari kuman yang masuk kedalam sela-sela kuku kelinci.
  9. Bilas Hingga Bersih
    Lakukan pembilasan dengan sangat bersih yah! Jangan sampai ada yang tersisa, jika tidak bersih maka akan membuat bulu kelinci menjadi lembab serta debu dan kotoran akan lebih menempel pada bekas shampoo dan menjadi sarang penyakit. Maka dari itu bersihkanlah kelinci kamu dengan benar, menggunakan air hangat. Ingat saat memandikan kelinci tidak boleh kelamaan merendam kelinci ya!
  10. Memindahkan Kelinci
    Kenapa dipindahkan? Ya harus dipindahkan ke tempat yang bersih, yang memang baknya tidak ada bekas shampoo serta air hangat bekas mandi, maka dari itu dimindahkan ke bak yang bersih dan lakukan pembersihan tahap selanjutnya agar shampoo atau contionernya sudah benar-benar hilang dari tubuh kelinci
  11. Angkat dan Keringkan
    Setelah menyelesaikan pada point ke 10, kemudian kamu mengangkat kelinci dan pindahkan ke tempat yang kering. Lalu keringkan bulu kelinci yang basah setelah dimandikan dengan handuk.
  12. Ganti Handuk Dengan Yang Kering
    1 Handuk saja itu tidak cukup loh! Karena air yang meresap ke bulu kelinci sangat banyak. Maka dari itu kalau bisa melapiskan handuknya paling tidak 3x lipat, lapkan bagian tubuh kelinci yang susah di jangkau, karena disitu rawan terkena dingin.

    Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kelinci Tidak Mau Makan

  13. Gunakan Hairdryer
    Jelas gunakan hairdryer, proses ini untuk mempercepat pengeringan bulu kelinci. Jangan lupa untuk mengatur suhu panas hairdryer ya! Agar tidak kepanasan. Pada saat di hairdryer, usapkan tubuh kelinci dengan handuk yang kering, agar bulunya lebih cepat kering.
  14. Ulangi Pada Point 11-13
    Kenapa kok seperti itu? Ini agar lebih pasti dalam mengerikan bulu kelinci, karna kelinci sangat rentan dingin, jika dirasa hairdryer sudah panas, maka jauhi hairdryer dari badan kelinci. Kulit kelinci juga sensitif
  15. Bersihkan Bagian Telinganya
    Ini yang sedikit canggung dalam membersihkannya, karena dalam pembersihan kelinci di bagian telinga akan lebih sulit dari yang kamu bayangkan, gunakan cottonbud dan baby oil untuk membersihkan bagian dalam serta luar telinga kelinci. Lakukan pembersihan secara perlahan dan hati-hati yah!
  16. Bersihkan Bagian Bawahnya
    Setelah semua bagian atas sudah dibersihkan dan dikeringkan, selanjutnya kamu membalikan kelinci untuk membersihkan dan mengeringkan bagian bawahnya. Dan kamu harus memastikan tubuh kelinci bagian bawah benar-benar kering. Jika tidak kering akan mgundang jamur atau bakteri yang akan bersarang di bulunya yang masih lembab.

    Untuk pengeringan juga bisa di jemur di bawah terik matahari

  17. Memotong Kuku Kelinci
    Biar lebih bersih dan rapih, kamu bisa memotong kuku kelinci yah! Lakukan pemotongan kelinci yang memang belum jinak agar tidak membahayakan kita dan kelinci yang lainnya. Jangan memotong kuku pada kelinci yang sedang hamil, karena kelinci indukan akan menggali lubang di tanah untuk bersarang. Tidak hanya menggali lubang, tetapi juga untuk menutup lubangnya serta untuk pertahanan jika ada yang mengganggu anaknya.
  18. Menggunting Bulu
    Jangan sembarangan menggunting bulu kelinci lho! Maksud dari menggunting yaitu kamu menggunting bulu yang memang menggumpal atau bundet. Biasanya bulu yang menggumpal atau bundet itu berada di sekitar anus dan kemaluannya agar pup atau ee nya tidak menempel pada bulu yang menggumpal karena susah di bersihkan serta menjaga agar kelinci tetap bersih pada bagian tersebut.

    Baca juga : Cara Merawat Kelinci Baru Lahir

  19. Gunakan Bedak
    Taburkan kelinci dengan bedak bayi, agar kelinci bebas dari kutu yang menempel pada bulu kelinci serta membunuh telur-telur kutu yang menempel. Selain itu kamu juga bisa memberikan cologne bayi agar kelinci kamu menjadi wangi.
  20. Berikan Makan
    Loh! Kok diberikan makan? Ya, sebab kelinci setelah dimandikan akan merasa sangat lapar! Jadi berikan ia makanan dan minuman yang sehat dan hiegenis yah!

Cara memandikan ini bisa digunakan pada ras atau jenic kelinci anggora, new zealand, kelinci mini, kelinci yang masih kecil dan kelinci lainnya. Memandikan kelinci hanya memakan waktu sekitar 45 – 60 menit saja kok.

Nah. Itulah cara memandikan kelinci dengan benar. Semoga kamu bisa langsung mempraktekan pada kelinci kamu di rumah yah! Jangan lupa share atau bagikan artikel cara memandikan kelinci yang baik pada teman-teman pecinta kelinci lainnya! Sekian dan Terimakasih.

Artikel Kelinci Yang Kamu Cari :

    apakah kelinci bisa dimandikan, cara memandikan kelinci kecil, apakah kelinci, cara memandikan anak kelinci, cara memandikan kelinci dengan benar, memandikan kelinci, cara memandikan kelinci yang masih kecil, shampo kelinci, boleh memandikan kelinci, apakah kelinci perlu dimandikan
20 Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar | kelincipedia.com | 4.5